Site icon KaltengPos

Berharap Menjadi Kabupaten Berdaya Saing

HUT BARITO UTARA : Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H Edy Pratowo sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT ke-73 Barito Utara di Arena Terbuka Tiara Muara Teweh, Senin (17/7). DISKOMINFOSANDI BATARA UNTUK KALTENG POS

MUARA TEWEH – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Edy Pratowo bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-73 Kabupaten Barito Utara tahun 2023. Bertindak selaku komandan upacara adalah Camat Teweh Tengah Jati Prayogo SIP yang dilaksanakan di Arena Terbuka Tiara Muara Teweh, Senin (17/7). Peringatan HUT ke-73 Barito Utara mengusung tema “Barito Utara Bermartabat, Masyarakat Berakhlak, Pembangunan Tumbuh Pesat”.

Wagub Edy Pratowo mengucapkan, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan selamat hari jadi ke-73 Kabupaten Barito Utara tahun 2023. “Menjadi harapan kita bersama seiring dengan bertambahnya usia, semoga Barito Utara menjadi kabupaten berdaya saing dan memberikan pelayanan prima, sehingga dapat mewujudkan masyarakat Barito Utara yang religius, mandiri dan sejahtera,” kata Edy Pratowo, kemarin.

Segenap harapan tersebut selaras dengan tema yang diusung dalam peringatan hari jadi Kabupaten Barito Utara tahun ini. Yaitu “Barito Utara bermartabat, masyarakat berahlak, pembangunan tumbuh pesat yang dilandasi semangat pantang menyerah sebelum berhasil “Iya Mulik Baengkang Turan” dipadukan dengan falsafah huma betang yang di dalamnya terdapat keberagaman untuk saling bergotong royong dan harmonis antarsesama serta dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa kita pasti mampu melewati dan menyelesaikan segala macam permasalahan, tantangan dan hambatan yang terjadi”.

Saat ini, lanjut wagub, semua telah berjuang untuk dapat menekan dampak inflasi yang dipicu tingginya angka inflasi dari negera-negara di dunia. Inflasi yang berakibatkan kenaikan harga barang dan komoditas secara terus menerus dibarengi langkanya kebutuhan pokok yang tersedia.

“Kita harapkan mampu menjaga dan menurunkan laju inflasi di Kalimantan Tengah dengan melaksanakan langkah-langkah strategis pengendalian inflasi di daerah, sehingga tingkat daya beli dan konsumsi masyarakat menjadi tinggi. Saya mengharapkan pemerintah kabupaten/kota di Kalimantan Tengah untuk terus menggenjot pembangunannya, percepatan realisasi APBD sehingga dapat memicu pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah,” kata wagub yang membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran.

Wagub Edy Pratowo juga mengucapkan selamat kepada Kabupaten Barito Utara yang telah meraih WTP ke-9 kali berturut-turut.

Sebelumnya, dibacakan juga uraian singkat sejarah berdirinya Kabupaten Barito Utara oleh Ketua DPRD Barito Utara Ir Hj Mery Rukaini MI.

Upacara peringatan HUT ke-73 Barito Utara ini dihadiri Bupati H Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah Muhlis, dua mantan bupati yakni Drs HA Dj Nihin dan Ir H Achmad Yuliansyah MM, mantan Wakil Bupati Drs Ompie Herby, bupati/wali kota se-Kalteng, FKPD, kepala perangkat daerah dan peserta upacara diikuti TNI, Polri, ASN, mahasiswa dan pelajar dalam Kota Muara Teweh. Setelah upacara dilanjutkan syukuran dan ramah tamah di Gedung Balai Antang Muara Teweh. (her/ens)

Exit mobile version