Site icon KaltengPos

Sudah Tiga Hari Desa Dandang Terendam Banjir

KEBANJIRAN : Kondisi permukiman warga Desa Dandang, Kecamatan Pasak Telawang, Kabupaten Kapuas, diterjang banjir, Rabu (16/10/2024).

KUALA KAPUAS – Akibat meluapnya air Sungai Kapuas sejak Rabu (16/10/2024) sampai Jumat (18/10/2024), telah merendam pemukiman warga di RT 01/RW 03, Desa Dandang, Kecamatan Pasak Telawang, Kabupaten Kapuas.

Kepala Desa Dandang, Jumhadi, saat dikonfirmasi melalui telepon membenarkan, sampai Jumat (18/10/2024), ketinggian air masih tetap sama sekitar 80-100 cm. Bahkan cenderung naik. Akibatnya 250 kepala keluarga (KK) serta 900 jiwa terdampak akibat 150 rumah terendam banjir.

“Tidak hanya rumah, banjir ini merendam tiga rumah ibadah, sekolah dan fasilitas umum serta 5 titik akses jalan desa,” ungkapnya.

Jumhadi menambahkan, melihat kondisi air yang terus naik, sehingga pemerintahan desa melaporkan ke Pj Bupati Kapuas Darliansjah, dan berkoordinasi dengan BPBD Kapuas untuk penanganannya.

Kades juga sudah mengimbau warga Dandang yang tinggal di bantaran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan. “Sebab kalau hujan di hulu masih terjadi bukan tidak mungkin debit air akan terus naik. Hal ini untuk menghindari adanya baik korban harta maupun jiwa,” pungkasnya.  (alh/ens)

Exit mobile version