Site icon KaltengPos

Kecamatan Kamipang Gelar Balap Katinting

Ade Irwan

KASONGAN-Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI, Kecamatan Kamipang menggelar perlombaan balap katinting (perahu ces). Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Baun Bango pada tanggal 3-4 September 2022. Hal ini disampaikan Camat Kamipang Ade Irwan kepada Kalteng Pos, Rabu (17/8).

Ade Irwan mengungkapkan, kegiatan ini di samping untuk memeriahkan HUT RI juga bagian dari upaya mereka untuk memperkenalkan potensi wilayah Kamipang kepada pihak luar. Tidak hanya itu, ini juga bagian untuk mengangkat kearifan lokal masyarakat Dayak.

Sebab selama ini sebagian besar masyarakat Dayak, melaksanakan aktivitas di sungai. “Di wilayah Kamipang ini kaya akan potensi perairannya. Masih terjaga, dengan habitat ikan melimpah,” jelas Ade Irwan.

Kemudian, ungkap Ade Irwan, kegiatan ini rencananya akan dijadikan agenda tahunan untuk memeriahkan HUT RI. Di mana pelaksanaannya akan digelar secara bergiliran setiap desa di wilayah Kecamatan Kamipang.

“Untuk kegiatan ini, kami laksanakan terbuka untuk umum. Siapapun boleh ikut mendaftar. Dengan waktu pendaftaran mulai tanggal 1-27 Agustus 2022. Untuk hadiah tentunya sudah kami persiapkan. Mulai uang, mesin, piala, dan piagam,” tandasnya. (eri/art/ko)

Exit mobile version