Site icon KaltengPos

Percepat Penyelesaian Pembangunan Infrastruktur Wilayah Utara

KESEPAKATAN KERJA SAMA: Bupati Katingan Sakariyas dan Bupati Melawi H Dadi Sunarya Usfa Yursa disaksikan Wakil Bupati Katingan Sunardi dan Wakil Bupati Melawi Kluisen, ketika memperlihatkan nota kerja sama yang telah ditanda tangani kedua belah pihak, Selasa (18/1)

Katingan dan Kabupaten Melawi Sepakat Buka Badan Jalan

KASONGAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan menjalin kerja sama dengan Pemkab Melawi Provinsi Kalimantan Barat. Kerja sama ini dalam rangka mempercepat penyelesaian pembangunan infrastruktur di wilayah utara.

Kesepakatan kerja sama itu ditanda tangani langsung Bupati Katingan Sakariyas dan Bupati Melawi H Dadi Sunarya Usfa Yursa di halaman Kantor Bupati Katingan, Selasa (18/1).

Sakariyas menjelaskan, kerja sama ini dalam rangka membuka badan jalan, antara Kabupaten Katingan dengan Kabupaten Melawi. “Dua kabupaten ini berbatasan langsung. Untuk menuju wilayah Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah,” jelas Sakariyas.

Dengan adanya kerja sama ini, Sakariyas berharap Kabupaten Melawi bersama-sama membuka badan jalan tersebut. Kabupaten Katingan membuka di wilayahnya sendiri. Sedangkan Kabupaten Melawi juga membuka badan jalan di wilayahnya.

Sehingga nanti antar kedua kabupaten ini bisa terhubung jalan darat. “Nanti jika sudah terbuka. Kita akan serahkan ke Balai Jalan Nasional. Sehingga selanjutnya dari anggaran APBN masuk untuk peningkatan jalannya. Jadi seperti itu. Tugas kita hanya untuk membuka badan jalannya saya dulu,” kata orang nomor satu di Kabupaten Katingan.

Jarak tempuh jika akses jalan darat ini terbuka, menurut Sakariyas, tentu akan lebih dekat jika ingin berkunjung ke Kalimantan Barat dibandingkan daerah lain. Oleh sebab itulah mereka akan berupaya untuk membuka akses jalan tersebut.

“Semoga apa yang kita lakukan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Sebab ini akan berdampak besar secara ekonomi masyarakat. Tidak hanya di Katingan. Tapi juga di Melawi,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Melawi H Dadi Sunarya Usfa Yursa mengatakan, pihaknya dari Pemerintah Kabupaten Katingan  menyambut baik adanya kerja sama yang dilakukan antar Pemerintah Kabupaten Melawi dengan Pemerintah Kabupaten Katingan.

“Perlu kami sampaikan, khusus di Kabupaten Melawi, sudah hampir tembus ke perbatasan dengan Kabupaten Katingan. Perkiraan kurang lebih 10 kilometer jika tidak salah,” ungkapnya.

Hanya saja, lanjutnya, ada sejumlah kendala yang dihadapi. Dimana di lokasi jalan yang mau dibuka, terkena taman nasional Bukit Raya-Bukit Baka. Termasuk masalah batu, yang sulit untuk ditembus dan membutuhkan anggaran besar untuk membukanya.

“Meski demikian, ada dua alternatif yang bisa kita lakukan nantinya. Sehingga akses jalan ini bisa tembus antar Kabupaten Melawi dengan Kabupaten Katingan,” tuturnya.

Kemudian dengan adanya kerjasama seperti ini kata H Dadi, tentu bisa meningkatkan sinergitas antar Pemerintah Kabupaten Melawi dengan Kabupaten Katingan.

Sehingga bisa bersama-sama untuk membangun, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Melawi, sangat berterima kasih dengan adanya kerja sama ini,” tandasnya. (eri/art/ko)

Exit mobile version