Site icon KaltengPos

Pj Bupati Kobar Minta Masalah Abrasi Pantai Jadi Perhatian

PANTAU LOKASI : Pj Bupati Kobar Budi Santosa ketika melakukan pemantauan di lokasi yang rawan terjadi abrasi diwilayah Desa Sebuai, beberapa waktu lalu.SONY/KALTENG POS

PANGKALAN BUN-Hingga saat ini masyarakat pesisir yang ada di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dirundung kecemasan. Ancaman abrasi yang bisa datang kapan saja. Sehingga ini menjadikan  tugas bersama untuk terus melakukan berbagai upaya antisipasi. Supaya dapat melakukan langkah demi langkah sehingga ancaman abrasi ini dapat ditekan.

“Kami minta agar camat ataupun kades yang ada di sekitar pesisir pantai menjaga tanaman mangrove yang sudah ditanam. Perhatikan dan dirawat agar tidak rusak dan malah tidak bermanfaat,”kata Pj Bupati Kobar Budi Santosa, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pemerintah bersama dengan pihak swasta dan stakeholder lainnya sudah melakukan berbagai upaya antisipasi. Dengan melakukan penanaman mangrove di beberapa titik, tetapi harus ada upaya dan langkah selanjutnya. Namun, tindaklanjutnya justru tidak ada dan terkesan mubazir. Tentunya ini menjadi tanggung jawab bersama dalam melakukan penjagaan dan perawatan. Supaya tanaman mangrove yang berfungsi membantu mencegah terjadinya abrasi.

“Tanaman mangrove yang ditanami harus berdampak bagi masyarakat sekitar pantai. Kalau perlu diperbanyak di beberapa titik yang memang dianggap rawan abrasi,”ujarnya.(son)

Exit mobile version