Site icon KaltengPos

Disarpus Mura Terbaik

ARAHAN: Bupati Mura, Perdie M Yoseph (dua dari kanan) mendampingi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (berdiri) memantau pelaksanaan vaksin massal pelajar di SMAN 1 Murung, Sabtu (18/9). (FOTO: DADANG/KALTENG POS)

ARAHAN: Bupati Mura, Perdie M Yoseph (dua dari kanan) mendampingi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (berdiri) memantau pelaksanaan vaksin massal pelajar di SMAN 1 Murung, Sabtu (18/9). (FOTO: DADANG/KALTENG POS)

PURUK CAHU-Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Murung Raya (Mura) mendapat penghargaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Hal ini sebagai Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota terbaik, dalam implementasi program perpustakaan berbasis inklusi sosial di Provinsi Kalteng.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mura, Dr Yulianus mengatakan, hal ini sebagai bentuk keseriusan dan sebagai bentuk keberhasilan pemerintah dalam dalam melaksanakan program perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Menurutnya, Perpustakaan memiliki peranan penting untuk bisa mewujudkannya, melalui kegiatan penguatan literasi untuk kesejahteraan masyarakat.

“Dengan berbasis inklusi sosial, perpustakaan memperkuat perannya dalam meningkatkan literasi masyarakat. Perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan upaya meningkatkan akses kepada masyarakat agar mendapatkan informasi yang mereka butuhkan,” ulas Yulianus, Senin (20/9).

Sebelumnya pada Juni 2020 lalu, dinilai sukses dalam melaksanakan program perpustakaan berbasis inklusi sosial tahun 2020 di Kabupaten Mura. Hal ini membuat Bupati Perdie M Yoseph menyabet penghargaan dari perpustakaan nasional Republik Indonesia.

Menurut Bupati Mura, Perdie M Yoseph, salah satu faktor penentu pembangunan daerah adalah peningkatan sumber daya manusia lewat peningkatan minat baca masyarakat. “Dengan minat baca yang tinggi membuat wawasan jadi luas,” ujar Perdie.

Program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial pertama kali diperoleh Kabupaten Murung Raya pada tahun 2020, bersama dua kabupaten yg lain yaitu Gunung Mas dan Barito Timur di wilayah Kalteng.

Dari 10 desa yang diusulkan, Murung Raya mendapatkan bantuan untuk lima perpustakaan desa, yaitu Perpustakaan Desa Danau Usung, Desa Bahitom, Desa Muara Untu, Desa Puruk Kambang dan Perpustakaan Desa Makunjung. (dad)

Exit mobile version