Site icon KaltengPos

Kebersihan Merupakan Instrumen Pencegahan Stunting

PETUGAS KEBERSIHAN: Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin usai arak-arakan Adipura memberikan tali asih dan berfoto bersama petugas kebersihan di Balai Kota, Jumat (3/3).

PALANGKA RAYA-Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan penerapan kebersihan tidak hanya untuk semata-mata berorientasi di lingkungan saja. Namun kebersihan yang berkelanjutan juga berperan penting dalam pencegahan stunting yang saat ini jadi pekerjaan rumah bagi pemerintahan.
“Dengan adanya kebersihan dan kualitas lingkungan hidup yang bersih dan berkelanjutan juga salah satu instrumen penting untuk pencegahan stunting. Hal itu diutarakan oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu di Jakarta,” ucap Fairid Naparin, Minggu (5/3).
Salah satu yang ditekankan oleh Presiden RI, lanjut Fairid ialah bagaimana daerah-daerah agar lebih fokus lagi untuk pencegahan stunting melalui lingkungan yang bersih dan berkelanjutan supaya menjamin kesehatan bagi seluruh masyarakat di Indonesia khususnya Kota Palangka Raya.
“Jadi kesehatan dan kebersihan lingkungan ini sangat penting dan perlu kita bersama perhatikan, karena dampak dari kebersihan itu sangat luar biasa bila dilakukan secara berkelanjutan, khususnya bagi kesejahteraan dan kesehatan,” tambahnya.
Dirinya mengimbau, apa yang dilakukan beberapa waktu lalu, adanya gerakan gotong royong oleh warga bersama dengan instrumen pemerintah, baik itu bersama kelurahan dan lainnya menurutnya perlu digaungkan lagi, supaya bisa menjadi contoh yang lain demi kebersihan lingkungan.
“Gotong royong membersihkan lingkungan memang perlu digaungkan, manfaatnya juga untuk semua. Jadi saya imbau juga warga perlu menghidupkan lagi semangat gotong royong, baik itu Jumat bersih atau Sabtu bersih perlu digalakkan, hingga keaktifan RT dan RW,” imbaunya. (ena/ans)

Exit mobile version