Site icon KaltengPos

Siap Menurunkan Bantuan Vaksinator

VAKSINASI PELAJAR : Para pelajar SMP dan SMA sederajat yang sudah berusia 12-17 tahun pun bisa mengikuti vaksinasi. Tampak vaksinator dari TNI yang juga dilibatkan untuk membantu mempercepat pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kalimantan Tengah, beberapa waktu lalu. DENAR/KALTENG POS

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sesuai arahan Gubernur H Sugianto Sabran terus berupaya untuk percepatan vaksinasi. Tujuannya untuk mewujudkan kekebalan kelompok serta memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di Bumi Tambun Bungai.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dr Suyuti Syamsul mengatakan, bahwa pihaknya terus mendorong dan mendukung kabupaten kota di Kalteng untuk mempercepat vaksinasi kepada masyarakat. Jika dibutuhkan, pemerintah provinsi siap menurunkan bantuan vaksinator ke kabupaten untuk membantu percepatan vaksinasi.

“Untuk membentuk herd immunity diperkirakan tinggal kurang lebih 43 % lagi. Tetapi kalau ditambah penyintas maka angka yang dibutuhkan lebih rendah dari itu,” katanya kepada Kalteng Pos via telepon, Minggu (5/9).

Untuk pelaksanaan vaksinasi kepada para lansia tetap dilaksanakan. Namun penambahannya tidak lagi signifikan. Sehingga bukan hanya lansia saja yang menjadi sasaran vaksinasi saat ini, tetapi juga pelajar berusia 12-17 tahun dan masyarakat pada umumnya.

“Semua wilayah kita perhatikan. Kita terus mendorong kabupaten kota sebagai pelaksana untuk mempercepat vaksinasi. Sehingga perlu sinergitas antara pemerintah daerah dan pihak terkait, sehingga berjalan lebih maksimal lagi,” tegasnya.

Ditambahkan mantan Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalawa Atey tersebut, jika pemerintah kabupaten butuhkan penguatan, maka pemprov akan turunkan bantuan vaksinator ke wilayah tersebut.

Dia berharap, semua unsur dan laporan masyarakat dapat bekerja sama dalam upaya penanganan virus corona di Kalteng. Sehingga semua dapat berjalan lebih maksimal dan sesuai target yang diharapkan, yaitu akhir November 2021.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran terus mengingatkan para bupati dan pejabat di daerah ini agar gencar melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi di masyarakat.

“Saya selaku gubernur Kalteng kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan lainnya,” kata Sugianto kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Selain itu, gubernur mengharapkan peran semua pihak dalam upaya bersama menyukseskan vaksinasi. Bagi yang belum agar ikut berpartisipasi, karena vaksin itu sangat aman dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam kelompok bermasyarakat.

“Dengan demikian dapat meminimalisir penyebaran virus corona yang melanda tanah air selama satu tahun lebih belakangan ini, serta tidak berdampak buruk bagi kesehatan,” harapnya. (ens/nue)

Exit mobile version