Site icon KaltengPos

Ziarah ke Makam Kesultanan Kutaringin

ZIARAH: Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran bersama jajaran serta tokoh agama dan tokoh masyarakat saat melakukan ziarah ke makam di Jalan Pangeran Diponegoro, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, beberapa waktu lalu.

Saat Gubernur Kunjungan Kerja ke Kobar

PALANGKA RAYA– Saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke wilayah barat Provinsi Kalimantan Tengah, Gubernur H Sugianto Sabran bersama jajaran perangkat daerah dan rombongan berkesempatan melakukan ziarah ke makam Kerajaan Kesultanan Kutaringin, beberapa waktu lalu.

“Di sela-sela kunjungan kerja, bapak gubernur menyempatkan untuk ziarah ke makam Kerajaan Kesultanan Kutaringin di Jalan Pangeran Diponegoro Pangkalan Bun, Kabupaten  Kotawaringin Barat minggu lalu,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang Provinsi Kalteng H Shalahuddin ST MT kepada Kalteng Pos, Minggu (6/3).

Gubah atau kubah besar adalah makam Pangeran Ratu Anum Kasumayuda bin Pangeran Ratu Achmad Hermansyah (Sultan Kutaringin  XI). Gubah atau kubah kecil adalah makam Pangeran Ratu Imanudin (Sultan Kutaringin IX) Pangeran Ratu Ahmad Hermansyah(Sultan Kutaringin X) dan Pangeran PakuSukma Negara (Sultan Kutaringin XIII).

“Hadir bersama gubernur Kalteng saat itu adalah salah satu tokoh yaitu KH Ahmad Sanusi yang akrab dipanggil Guru Jaro dan beberapa kepala perangkat daerah Provinsi Kalteng,” tambahnya.

Salah satu kegiatan kunker saat itu adalah mendorong perkembangan pembangunan kawasan tambak udang vaname atau shrimp estate merupakan salah satu upaya startegi pemulihan ekonomi.

Pembangunan kawasan tambak udang vaname di Desa Sungai Raja, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara tersebut bertujuan untuk menumbuhkan sumber kekuatan ekonomi di Kalteng, khususnya di wilayah pesisir pantai.

Pengembangan kawasan tambak udang vaname atau shrimp estate akan terus dilakuka bertahap karena keterbatasan anggaran pada masa pandemi Covid-19. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi di Kalteng, khususnya bagi masyarakat lokal dapat lebih meningkat.

Baru-baru ini Gubernur Kalteng bersama jajaran SOPD terkait kembali melakukan kunjungan pelokasi pembangunan tahap I shrimp estate atau tambak udang vaname di Desa Sungai Raja, Kabupaten Sukamara.

PUPR akan mendukung program gubernur Kalteng di bidang kelautan dan perikanan tersebut. Dinas PUPR Kalteng akan membangun sarana penunjang dan akses jalan ke lokasi tersebut.

Dinas PUPR Kalteng menyiapkan anggaran Rp 14 Miliar. Dana tersebut untuk pembangunan jalan lingkungan kawasan Tambak Udang sebesar Rp 7 M dan  pem-bangunan Land Clearing dan bangunan pendukung lainnya Rp 7 M.

Selain itu memantau infrasteuktur lainnya yang akaneniadi perhatian kedepan untukewujudkan Kalteng yang semakin Berkah (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Hamonis). (nue/ko)

Exit mobile version