Site icon KaltengPos

Generasi Muda Seleksi Paskibraka Membina Sikap Mental

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga setempat melaksanakan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional dan tingkat Provinsi Kalteng tahun 2022 di Hotel Batu Suli Kota Palangka Raya, Senin (9/5).

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan seleksi paskibraka, yang diikuti perwakilan semua kabupaten kota di Kalteng.

“Selain merupakan kreativitas rutin setiap tahun, juga bermanfaat untuk pembinaan dan membentuk mental, disiplin, kerja sama para penerus bangsa yang berujung pada pembentukan karakter yang kuat, tangguh, jiwa nasionalis dan membantu wujudkan Kalteng berkah,” katanya kepada media saat itu.

Kepada tim seleksi juga diharapkan untuk bekerja maksimal dan objektif, menghindari penilaian subjektif dan dipengaruhi oleh apapun, sehingga dapat menghasilkan peserta yang mampu membawa harum nama Kalteng.

Rangkaian seleksi paskibraka ini mulai dari seleksi, pemusatan pendidikan dan pelatihan paskibraka merupakan mata rantai yang tak dapat dipisahkan. Sehingga semua harus menunjukan potensi dan kemampuan selama proses seleksi berlangsung.

“Dua peserta terbaik akan mewakili Kalteng mengikuti seleksi di tingkat nasional di Jakarta. Sehingga diharapkan semua dapat memberikan hasil terbaik untuk mengharumkan nama Kalteng di kancah nasional,” kata Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng Iswahono kepada media.

Kegiatan itu juga sebagai upaya mencari putra putri terbaik untuk menjadi paskibraka tingkat provinsi dan tingkat nasional tahun 2022. “Semoga kegiatan ini terselenggara sesuai rencana dan melahirkan anggota paskibraka yang mempunyai loyalitas tinggi untuk mengabdi kepada nusa, bangsa dan Negara,” harapnya.

Kepada para peserta seleksi agar mengikuti rangkaian seleksi secara serius dan siap secara fisik dan mental. Ia juga mengingatkan untuk terus menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Tahapan seleksi melibatkan berbagai institusi yang tergabung dalam satu tim seleksi. Diantaranya Dispora, TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Selama seleksi, protokol kesehatan berstandar Covid-19 dilakukan secara ketat. Setiap peserta diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan pemeriksaan suhu tubuh yang dipandu oleh tim kesehatan. (nue/ens)

Exit mobile version