Site icon KaltengPos

Untuk Mencegah Tindak Pidana Korupsi

RAPAT VIRTUAL: Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H Edy Pratowo bersama Wakil Ketua DPRD Kalteng H Abdul Razak didampingi beberapa pejabat lainnya saat menghadiri rapat kerja bersama Kemendagri secara virtual di ruang rapat Wakil Gubernur Kalteng, Senin (24/1).

Wagub Hadiri Raker Evaluasi Program Strategis Bersama Kemendagri

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H Edy Pratowo menghadiri rapat kerja bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara virtual di ruang rapat Wakil Gubernur Kalteng, Senin (24/1). Rapat ini dalam rangka evaluasi program strategis kegiatan pemerintah daerah dan diikuti seluruh kepala daerah dan ketua DPRD se-Indonesia.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat membuka kegiatan ini mengatakan, raker ini berkaitan dengan pencegahan tindak pidana korupsi. Mengingat, beberapa waktu yang lalu ada beberapa pejabat di tahun 2022 yang terkena hukum seperti operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Untuk itu, Tito menegaskan bahwa kejadian itu perlu menjadi perhatian bersama. Karena selain berdampak pada individu yang bersangkutan, tapi juga pada sistem pemerintahan. Termasuk kepercayaan publik kepada pemerintah, baik pusat maupun di daerah.
“Saya yakin bahwa banyak kepala daerah yang berprestasi dan telah melakukan kinerja sangat baik, namun terhadap masalah hukum yang terjadi dalam bulan ini ditangani oleh penegak hukum, khusus KPK ini akan berdampak pada kepercayaan publik pada sistem pemerintahan,” kata Tito saat menyampaikan sambutan.
Diungkapkannya, sistem pemerintahan adalah tulang punggung eksistensi, berjalannya administrasi pemerintahan dan administrasi kenegaraan.
Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri juga menyampaikan tidak ingin negara Indonesia terperosok dan terjerembab dalam praktik-praktik korupsi yang akhirnya akan gagal mewujudkan tujuan negara. Lantaran ini merupakan common interest bersama sebagai anak bangsa. “Bahwa kita diikat dalam satu semangat yaitu semangat mewujudkan tujuan negara,” ucapnya. (abw/mmc/ens)

Exit mobile version