Site icon KaltengPos

Lomba, Talkshow dan Khataman 300 Hafiz

TEMPAT FESTIVAL : Festival Muharam 1444 H yang digagas sejumlah komunitas akan dilaksanakan di Aula Harati Dinas Pendidikan Kalteng Jalan DI Panjaitan Palangka Raya, Sabtu dan Ahad, 6-7 Agustus 2022.

PALANGKA RAYA –  Festival Muharam 1444 Hijriah yang dilaksanakan Sabtu (6/8) dan Ahad (7/8) akan dimeriahkan berbagai acara. Ada lomba, ada talkshow, dan puncaknya khataman 30 juz Alquran dalam 30 menit oleh 300 hafiz atau penghafal Alquran, dan tablig akbar oleh Habib Umar Assegaf Bahlega.

“Dalam rangka memeriahkan Bulan Muharram 1444 H dan menyemarakan syiar Islam, maka berbagai komunitas Islam yang ada di Kota cantik Palangka Raya saling bersinergi untuk mengadakan acara Festival Muharram 1444 H,” ujar Ketua Panitia Dedy Mulyadi.

Kegiatan yang digagas oleh Yayasan Al-Quran Sahabat Anak dan Dompet Du’afa ini akan mengangkat tema  “Memeriahkan bulan Muharam dengan menyatukan ikatan keluarga bersama Al quran”.

Adapun komunitas-komunitas yang saling bersinergi sehingga acara ini dapat dilaksanakan yaitu Yayasan Al-Quran Sahabat Anak, Dompet Du’afa, Rumah Tahfidz Iqra, Ma’had AsySyafi’i Palangka Raya, Yayasan Anak Masjid, Samara Community, Pola Pertolongan Allah (PPA), One Day One Juz (ODOJ), Masjid Al-Hijrah, Komunitas Cinta Anak, Komunitas Ibu Peduli, Bikers Subuhan, Gerakan Infaq Beras Palangka Raya, Ikatan Da’i Indonesia (IKADI), An Nahl Community, Persaudaraan Muslimah (SALIMAH), Baitul Hamdi, Kalimantan Berbagi, Yayasan Raisa Alya Farikha, Emergency PANDULIMA (Panarung Peduli Sesama) dan Relawan Indonesia (RELINDO).

“Festival Muharam 1444 H direncanakan selama dua hari, yaitu Sabtu Ahad, 6-7 Agustus 2022 di Aula Harati dan Halaman Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah,” ujar Deddy.

Acara ini akan diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa Islami, baik dalam bentuk lomba-lomba, talk show, hiburan dan bazar. Ada lomba cerdas cermat Tajwid untuk anak-anak, lomba plating masakan berbahan dasar ikan sungai, lomba rangking 1 untuk remaja dan ibu-ibu, lomba rangking 1 untuk anak-anak. Ada juga story telling Keayahan yang akan disampaikan oleh nara sumber nasional ayah Irwan Rinaldi.

“Ada juga talk show Pra Nikah dengan Nara Sumber Ayah Irwan Rinaldi dan dr Frida Ayu,” ujar Dedy.

Selain itu nanti akan akan ter dapat bazar-bazar baik dari UMKM maupun berbagai pihak yang telah mendukung terlaksananya Festival Muharram 1444 H ini.

Festival Muharram 1444 H ini rencananya akan dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H. Edy Pratowo dan juga akan dimeriahkan dengan penampilan grup madihin “Batuah” serta penampilan Habsyi dari TPA Baiturrahman Palangka Raya.

“Sedangkan pada acara puncak Festival Muharram 1444 H ini akan dilaksanakan Khataman 30 Juz oleh 300 hafiz dalam waktu 30 menit dan Tabliqh Akbar bersama Habib Umar Assegaf Bahlega,” ujar Dedy Mulyadi. (sos/sma/k/ko)

Exit mobile version