Site icon KaltengPos

LMSI Tingkatkan Konsumsi Ikan

JUARA UMUM: Ketua TP-PKK Kabupaten Kapuas, Hj Lisdayanti saat menerima trofi juara umum di Aula Hotel Dandang Tingang, Selasa (22/10).

PALANGKA RAYA – Memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2024, Dinas Kelautan
dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar
Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024 di
Aula Hotel Dandang Tingang, Selasa (22/10).

Acara yang diselenggarakan Dislutkan Kalteng bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalteng ini bertujuan meningkatkan konsumsi ikan masyarakat melalui kreativitas menu berbahan dasar ikan.

LMSI kali ini mengusung tema “Protein Ikan untuk Generasi Emas,” dengan harapan dapat mendukung terciptanya generasi yang sehat dan kuat untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dislutkan Kalteng, Nita Fera menekankan, pentingnya mengonsumsi ikan sebagai bagian dari kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan(Gemarikan).

“Meningkatkan konsumsi ikan bukan hanya tanggungjawab Dislutkan, tetapi juga menjadi tugas kita bersama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia,” katanya. Di tempat yang sama, Sekretaris TP-PKK Kalteng, Adiah Chandra Sari, yang membuka acara tersebut, menyambut baik inisiatif lomba ini.

“Saya berharap, melalui kompetisi ini, masyarakat semakin tertarik untuk mengonsumsi ikan dan mengenal lebih banyak kreasi masakan berbahan dasar ikan yang mengedepankan kearifan lokal Kalteng,” ujarnya. Kompetisi LMSI ini dibagi menjadi tiga kategori menu, untuk keluarga, balita, dan kudapan.

Sedangkan peserta yang berlomba merupakan anggota TP-PKK Kabupaten/Kota yang sebelumnya memenangkan LMSI di tingkat kabupaten/ kota atau yang ditunjuk mewakili daerah masing-masing.

Selain mengapresiasi kerja keras peserta, dewan juri yang terdiri dari ahli gizi, chef profesional, dan pakar tata boga saat itu menilai kreativitas serta kelezatan setiap hidangan. Setelah penjurian yang ketat, Kabupaten Kapuas keluar sebagai Juara Umum LMSI 2024.

Trofi diserahkan langsung kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Kapuas, Hj Lisdayanti, yang pada saat itu mengaku bangga dengan pencapaian timnya. “Kami berharap Kapuas bisa memberikan hasil terbaik di ajang LMSI Tingkat Nasional nanti,” ungkapnya.

Usai itu, Kepala Bidang Budidaya dan Pengolahan Dislutkan Kalteng, Sugeng Kaspani, menutup kegiatan ini. Ia mengucapkan selamat kepada para pemenang dan menyampaikan harapannya.

“Semoga kreativitas dalam mengolah ikan ini bisa terus dikembangkan, demi membangun generasi sehat melalui protein ikan,” tutupnya.

Juara Umum LMSI Tingkat Provinsi berkesempatan mewakili Kalteng pada ajang serupa di tingkat nasional yang akan digelar di Jakarta dalam rangka memperingati Harkannas 2024. Acara ini dihadiri para Ketua TP-PKK Kabupaten/ Kota se-Kalteng serta pejabat terkait bidang perikanan dari kabupaten/kota.

Pemenang lomba kategori Menu Kudapan: Juara 1 Seruyan, Juara 2 Kota Palangka Raya, Juara 3 Kapuas. Menu Balita: Juara 1 Kapuas, Juara 2 Lamandau, Juara 3 Pulang Pisau. Menu Keluarga: Juara 1 Kapuas, Juara 2 Gunung Mas, Juara 3 Sukamara. Juara Favorit: Seruyan. Juara Umum: Kapuas. (kom/uut/ktk/aza/ans)

Exit mobile version