Site icon KaltengPos

Wadah Membentuk Karakteristik Menjadi Baik

PEMBUKAAN : Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin bersama Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya foto bersama pejabat lainnya saat pembukaan pelatihan Beta Telawang I bagi para mantan narapidana dan preman wilayah Kodim 1016/Plk yang meliputi Kota Palangka Raya dan Kabupaten Gunung Mas di Lapangan Yonif Raider 631 Antang, Senin (11/7) sore.

PALANGKA RAYA – Pelatihan Bela Negara ‘Bela Eksistensi Tanah Air’ (BETA) Talawang I Kodim 1016 Palangka Raya tahun 2022, secara resmi dibuka Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dan Komandan Korem (Danrem) 102 Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya SE MM di Batalyon Infanteri Raider 631 Antang, Senin (11/7).

Sebanyak 200 peserta terdiri dari mantan narapidana (napi) dan preman wilayah Kodim 1016/Plk  dariKota Palangka Raya dan Kabupaten Gunung Mas dibina dan dibentuk secara keseluruhan fisik dan keterampilannya oleh Kodim 1016/Plk bekerja sama dengan Polres Palangka Raya, Kejaksaan, dan BNN.

“Peserta yang mengikuti kegiatan Bela Negara Beta Talawang I ini lolos atas benar-benar seleksi ketat dan tidak asal. Di awal mereka diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran, dilanjutkan dengan mengikuti tes wawancara serta pemeriksaan kesehatan,” kata danrem.

Orang nomor satu di jajaran Korem 102/Pjg ini berpesan kepada para peserta agar mengikuti pelatihan Bela Negara Beta Talawang I sebenar-benarnya didasari dengan tekad yang tulus dan kuat.

“Di sini kalian dilatih untuk mencintai bangsa dan negara. Melindungi masyarakat serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan segenap jiwa dan raga,” tegasnya.

Di hari pertama, para peserta diberi materi perkenalan tradisi satuan (orentasi). Mulai dari baris berbaris, merayap, berguling dan membentuk barisan di tengah lapangan sembari ditonton para tamu undangan.

Meski beberapa diantaranya terlihat tidak kuat sembari muntah-muntah, mereka tetap semangat melanjutkan kegiatan hingga selesai. Ini menandakan para peserta benar-benar serius untuk mengikuti pelatihan Bela Negara Beta Talawang I yang diinisiasi oleh Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya.

Usai kegiatan, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menyampaikan apresiasinya kepada Korem 102/Pjg beserta jajaran atas kegiatan yang digelar. Ia berharap para mantan napi dan preman yang mengikuti pelatihan, dapat berubah secara keseluruhan dari pribadi sebelumnya.

“Saya yakin, di bawah binaan Korem 102/Pjg melalui Kodim 1016/Plk, pribadi para peserta akan berubah meniadi lebih baik. Sedikit yang bisa saya sampaikan kepada para peserta, ‘Lakukan Yang Terbaik’,” pesan Fairid.

Di tempat yang sama, Dandim 1016/Plk Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan SAP MPM HAN menambahkan, pelatihan Bela Negara Beta Talawang I ini difokuskan untuk merubah perilaku (menset) para peserta, di mana mungkin selama ini muncul stigma-stigma negatif atau kurang terhadap mereka.

“Melalui pelatihan ini diharapkan cara pikir mereka dapat berubah. Sehingga nantinya mereka punya andil untuk berperan membela Negara, khususnya di Kota Palangka Raya membantu pemerintah serta semakin peduli terhadap lingkungan sekitarnya,” harap dandim.

Pembukaan Pelatihan Bela Negara ‘Bela Eksistensi Tanah Air’ (BETA) Talawang I Kodim 1016 Palangka Raya tahun 2022 dihadiri sejumlah pejabat publik. Seperti Danrem 102/Pjg, Wali Kota Palangka Raya, Kasiter 102/Pjg, Dandim 1016/Plk, Danyonif Raider 631/Atg, Dandenpom XII/2 Palangka Raya, Kejari, Kepala BNN Kota, Kasatpol PP Kota, camat, lurah, sejumlah ormas, serta tamu undangan lainnya. (pra/ens/ko)

Exit mobile version