Site icon KaltengPos

Workshop Jurnalistik, PLN Ajak Pegawai Melek Literasi Digital

 

PALANGKA RAYA – Dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi dan inklusi pegawai dalam pengelolaan informasi dan komunikasi, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Barat (UIP KLB) menyelenggarakan Workshop Jurnalistik dengan mengusung tema Penulisan Berita dan Fotografi  Dasar. Kegiatan yang itu diikuti 29 pegawai itu digelar di Swiss Belhotel Danum, Palangka Raya pada Kamis (16/3).

Workshop tersebut dibuka langsung oleh Osta Melanno, selaku Manager UPP KLB 3. Dalam sambutannya Osta menjelaskan workshop ini bertujuan untuk membedah seluk beluk teknis penulisan berita dan fotografi yang bernilai jurnalistik. Kebutuhan menulis berita dalam lingkup instansi dinilai sangat penting untuk mempertahankan citra positif perusahaan.

Panduan jurnalistik dan pelatihan menulis berita disampaikan oleh Rohansyah, Redaktur Senior Kalteng Pos. Rohansyah dalam materinya, menjelaskan mengenai kaidah berita secara umum dan kiat-kiat penulisan berita agar press release yang dihasilkan oleh peserta dapat efektif dan sesuai dengan target yaitu menyampaikan informasi positif tentang proses bisnis unit PLN.

“Usahakan masukkan berita yang penting sesuai fakta dan ambil angle untuk memperkuat berita yang dibuat serta unsur 5W1H harus diperhatikan” ungkapnya.

Lebih lanjut Rohansyah menyampaikan struktur penulisan berita yang efektif dan ideal sesuai teori piramida terbalik, pada bagian lead harus berisi informasi yang terpenting selanjutnya bagian tubuh sebagai informasi tambahan dan ekor sebagai simpulan.

Selain penulisan berita, materi yang diberikan yaitu mengenai fotografi jurnalistik. Sesi ini dipaparkan oleh Agus Pramono, Redaktur Pelaksana Kalteng Pos. Sesi kedua pada rangkaian workshop jurnalistik itu membahas pengenalan fotografi, dasar-dasar fotogafi, fotografi jurnalistik, hingga praktik pengambilan foto.

“Peserta dibekali dengan langkah-langkah pengambilan foto, anatomi kamera, exposure variable, komposisi, angle, rule of third  dan diakhiri dengan praktik. Meskipun berbekal handphone, mereka terlihat begitu antusias berburu gambar”, ujar Agus.

Acara ditutup dengan closing statement dari Manager Perizinan dan Komunikasi UIP KLB, Ade Putera Hasian. Dengan adanya Workhsop Jurnalistik ini diharapkan mampu mendorong, membekali dan meningkatkan kapasitas pegawai UPP KLB 3 dalam menyusun narasi.

“Saat ini semua perusahaan sedang berlomba-lomba dalam menyampaikan informasi guna meningkatkan kepercayaan publik dan menjaga citra positif perusahaan. Begitu juga PLN, untuk itu perlu publikasi kegiatan-kegiatan positif di lapangan terkait aksi heroik dan kerja keras insan PLN dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistikan dalam semangat melistriki seluruh Negeri”, tutup Ade.(hms/ram)

Exit mobile version