Site icon KaltengPos

Persiapan Tilang Elektronik, CCTV di Kota Sampit Di-upgrade

SAMPIT-Para pengguna jalan raya di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sebaiknya mulai berhati-hati. Sebab kepolisian setempat akan memberlakukan tilang elektronik. Hal itu seiring dengan di upgrade CCTV untuk dilakukan pemasangan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah jalan kota.

Persiapan penerapan tilang elektronik itu diberlakukan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kotim sesuai instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Selasa, (25/10) polisi setempat menggelar rapat koordinasi bersama stekholder melakukan pengecekan dan pemantaun arus lalu lntas di sejumlah jalan kota melalui monitor yang terpasang di ruang TMC Satlantas Polres Kotim.

“Sekarang ini kami melakukan kesiapan program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dengan mengupgrade CCTV

yang hanya ada kamera untuk pantauan arus lalulintas,” kata Kapolres Kotim, AKBP Sarpani melalui Kasatlantas, AKP Salahiddin, Selasa (25/10).

Kasatlantas menambahkan, selama ini pihaknya memantau arus lalulintas melalui

ruangan TMC yang di lengkapi dengan monitor dan terintegrasi dengan CCTV milik Dinas Perhubungan Kotim yang terpasang di puluhan titik jalan kota. CCTV yang sudah ada ini nantinya secara bertahap akan di upgrade menjadi camera ETLE.

Salahiddin mengungkapkan, terkait rencana pemasangan ETLE di sejumlah CCTV mendapat dukungan pemerintah daerah, dalam hal iji dari bupati.

“Pak Bupati Kotim, Halikinnor mendukung penuh tilang elektronik, karena sejalan dengan rencana Kotim menuju smart city,” ujarnya.

Dia menyebutkan, perangkat ETLE nanti akan di siapkan secara bertahap sesuai titik lokasi yang sangat prioritas.

Diungkapnya, sejauh ini pihaknya terus memaksimalkan peneguran simpatik ataupun himbaun sosialisasi secara humanis kepada masyarakat khususnya pengendara agar tidak melakukan pelanggaran lalu lintas sekecil apapun.

Karena, kecelakaan lalu lintas di awali oleh pelanggaran berlalu lintas. “Selaku Kasatlantas saya berharap masyarakat bisa terus mematuhi himbauan dan arahan petugas yang ada di lapangan, sehingga kedepannya kecelakaan lalu lintas di wilayah kita bisa menurun,” pungkasnya. (sli/ala)

Exit mobile version