Site icon KaltengPos

Tanamkan Kecintaan Batik Sejak Dini

FOTO BERSAMA: Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gunung Mas Rayaniatie Djangkan (baju hitam) foto bersama Bupati Jaya S Monong serta pejabat lainnya saat berada di Desa Hurung Bunut, belum lama ini. (DPRD GUMAS UNTUK KALTENG POS)

KUALA KURUN-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Rayaniatie Djangkan mengajak seluruh orang tua untuk menanamkan kecintaan terhadap batik kepada anak mereka sejak usia dini. Dengan demikian, batik akan selalu terjaga.

“Sebagai orang tua, harus selalu menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap batik kepada anak sejak mereka berusia dini, sehingga batik akan menjadi produk yang terus lestari dan terus semakin dikenal luas,” kata Rayaniatie, belum lama ini.

Menurut dia, salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua agar anak mencintai batik adalah dengan membiasakan anak untuk memakai batik pada hari-hari tertentu. Misalnya, apabila anak akan menghadiri suatu acara atau kegiatan, orang tua dapat menyiapkan baju batik, sehingga bisa dipakai saat menghadiri acara atau kegiatan tersebut.

“Kalau anak akan menghadiri undangan pernikahan atau ibadah, orang tua juga dapat menyiapkan baju batik untuk dipakai anak. Ini merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan, agar anak mencintai dan bangga memakai batik,” terangnya.

Secara khusus, dia berharap Hari Batik Nasional yang dirayakan pada setiap 2 Oktober dapat dijadikan momentum bagi seluruh orang tua untuk menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap batik, khususnya kepada anak-anak mereka.

“Saya pribadi memiliki kecintaan terhadap batik, khususnya batik benang bintik yang memiliki berbagai motif, seperti batang garing, huma betang, ukiran, dan lainnya,” tegas politikus PAN ini.

Legislator dari daerah pemilihan (dapil) I yang mencakup Kecamatan Sepang, Mihing Raya dan Kurun ini mengatakan, batik benang bintik memiliki ciri khas tersendiri yang unik, menarik, bagus, dan tidak kalah baiknya jika dibandingkan batik daerah lain.

“Sebagai warga Provinsi Kalteng, kita harus mencintai dan bangga dengan batik benang bintik. Salah satu kebanggaan tersebut dapat ditunjukkan dengan mengenakan batik benang bintik pada hari-hari tertentu,” pungkasnya. (okt/ens)

Exit mobile version