Site icon KaltengPos

Ingatkan Masyarakat Agar Taat Berlalu Lintas

PARIPURNA: Ketua Sementara DPRD Kalteng, Arton S Dohong saat memimpin rapat paripurna pelantikan anggota DPRD Kalteng tahun 2024-2029, beberapa waktu lalu.

PALANGKA RAYA – Masyarakat diminta untuk meningkatkan kedisiplinan dalam berlalu lintas di jalan raya. Ketua Sementara DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Arton S Dohong menegaskan, kesadaran setiap pengguna jalan dalam mematuhi peraturan lalu lintas sangatlah penting guna mengurangi angka kecelakaan serta menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh pengguna jalan.

“Kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas sangat penting, terutama dalam menggunakan helm, sabuk pengaman, serta mematuhi rambu-rambu dan aturan jalan lainnya. Hal ini tidak hanya demi keselamatan pribadi, tetapi juga demi keselamatan orang lain,” ujarnya, Selasa (15/10/2024).

Arton menambahkan, meskipun sudah banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan aparat kepolisian dalam menekan angka kecelakaan, masih ada banyak pelanggaran yang terjadi di jalan raya. Ia menyoroti kasus-kasus kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor dan kendaraan besar seperti truk yang sering kali berujung pada kecelakaan fatal.

“Kita harus bersama-sama berupaya menurunkan angka kecelakaan. Jangan sampai kita baru sadar pentingnya keselamatan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebagai pengguna jalan, kita semua memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga keselamatan,” tegasnya.

Di sisi lain, Ia mengapresiasi program-program yang sudah berjalan, seperti Operasi Zebra dan kegiatan rutin pengecekan kelengkapan kendaraan. Kendati demikian, Arton menegaskan bahwa upaya tersebut perlu diimbangi dengan edukasi yang lebih menyentuh aspek kesadaran masyarakat.

Oleh sebab itu, dirinya mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap keselamatan diri dan orang lain saat berada di jalan. Ia menyatakan bahwa keselamatan berlalu lintas bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau polisi, tetapi menjadi tanggung jawab bersama.

“Dengan lebih taat aturan, kita semua bisa berkontribusi dalam menciptakan lalu lintas yang lebih aman dan nyaman di Kalimantan Tengah,” pungkasnya. (ovi/ans)

Exit mobile version