Site icon KaltengPos

Potensi SDA Harus Dimanfaatkan secara Merata

H Sudarsono

PALANGKA RAYA – Pemerataan program strategis di Provinsi Kalteng menjadi sorotan. Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Sudarsono mengatakan, program tidak seharusnya terfokus hanya pada satu atau dua daerah, melainkan perlu menjangkau wilayah lain yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah.

Menurut politisi Partai Golkar ini, banyak daerah di Kalimantan Tengah yang belum merasakan manfaat dari program strategis pemerintah, sehingga terjadi kesenjangan pembangunan antarwilayah. Hal ini mempersempit capaian pembangunan di provinsi tersebut.

“Daerah pedalaman harus mendapatkan fasilitas setara dengan kota agar wilayah terpencil dan miskin juga merasakan hasil pembangunan,” ujarnya, Senin (21/10/2024).

Ia menambahkan, program strategis perlu difokuskan pada pengembangan sektor yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti pertanian, perkebunan dan perikanan. “Program harus menjadi tulang punggung untuk pengembangan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan mereka,” jelasnya.

Sudarsono juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam pelaksanaan program strategis. Kerjasama yang baik sangat diperlukan, dengan mempertimbangkan karakteristik dan potensi masing-masing daerah.

“Sinergi antara pemerintah kabupaten/kota dan provinsi harus terjalin untuk mencapai tujuan pemerataan pembangunan di Kalimantan Tengah,” tegasnya.

Ia menyarankan agar pengembangan program berbasis riset dan analisis yang komprehensif untuk mendapatkan gambaran akurat mengenai potensi dan kebutuhan daerah.

“Riset yang baik akan membantu kita mengidentifikasi daerah yang berpotensi dan membutuhkan program strategis, sehingga pelaksanaannya tepat sasaran,” tambah Sudarsono.

Ia juga meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk memantau pelaksanaan program secara sistematis. Evaluasi yang baik diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai capaian pembangunan di setiap wilayah.

“Saya berharap pemerintah provinsi dapat memantau realisasi program dengan cermat untuk mengetahui hasilnya bagi masyarakat,” ucapnya. (irj/ans)

Exit mobile version