Site icon KaltengPos

Sampah di Tumbang Samba Jangan Menumpuk Lagi

MENUMPUK: Kondisi tumpukan sampah yang sempat disorot dewan. Kini sudah tidak ada lagi karena dibersihkan. (FOTO: RUDI HARTONO UNTUK KALTENG POS

MENUMPUK: Kondisi tumpukan sampah yang sempat disorot dewan. Kini sudah tidak ada lagi karena dibersihkan. (FOTO: RUDI HARTONO UNTUK KALTENG POS

KASONGAN-DPRD Kabupaten Katingan sebelumnya sempat menyoroti keberadaan sampah di Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah. Pasalnya sampah di wilayah itu dibiarkan menumpuk di daerah TPS terminal Tumbang Samba. Hal ini menimbulkan kesan yang tidak baik. Namun setelah mendapat sorotan, kini sampah di tempat itu sudah dibersihkan, dan tidak ada lagi penumpukan. Sehubungan dengan ini, dewan mengingatkan agar sampah di wilayah Tumbang Samba betul-betul diperhatikan dengan baik.
“Jangan lagi dibiarkan menumpuk seperti itu,” tegas Anggota DPRD Kabupaten Katingan Rudi Hartono kepada Kalteng Pos, Minggu (22/8).
Sebab menurut Rudi Hartono, selain menimbulkan kesan yang tidak baik, keberadaan sampah juga bisa menjadi sumber penyakit. “Bersih itu indah dan sehat. Bersih itu juga bagian dari iman,” ujar politikus Partai Golkar ini.
Dijelaskan pria asli Tumbang Samba ini, sebelumnya, sampah di TPS itu tidak terangkut, karena tenaga atau petugas kebersihan di wilayah itu belum menerima honor atau gaji. Selain itu juga biaya operasional mobil angkutan seperti BBM, oli, dan tambal ban belum diberikan. “Sehingga mereka akhirnya mogok bekerja,” jelasnya.
Sebagai wakil rakyat, tentu masalah ini juga menjadi perhatian serius olehnya. Di samping masalah kebersihan, hal yang menyangkut hak-hak petugas yang belum diberikan oleh pihak Kecamatan Katingan Tengah, yang mempekerjakan petugas itu jadi perhatian.
“Jadi ini harus dipahami. Kami terima kasih, masalah sampah sudah mendapatkan respon. Kini TPS sudah dibersihkan. Tidak ada lagi tumpukan sampah,” tandasnya.(eri/uni)

Exit mobile version