Site icon KaltengPos

Gali dan Kembangkan Potensi Desa

RAPAT:Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotim Agus Seruyantara, saat menghadiri rapat paripurna, belum lama ini.

SAMPIT– Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta untuk mengoptimalkan potensi desa agar dapat meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Pasalnya potensi desa di daerah ini sangat menjanjikan dan tidak kalah dengan daerah lain.

“Saya melihat potensi desa di daerah kita  tidak kalah dengan daerah lain, termasuk pulau Jawa. 168 desa yang ada di Kabupaten Kotim memiliki potensi unggulan di desa masing-masing. Potensi itu di antaranya desa penghasil beras, kelapa, nanas, buah naga, rotan, karet, perikanan, desa wisata alam dan lainnya,” ujar Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotim Agus Seruyantara, Selasa (5/1).

Menurutnya potensi-potensi tersebut harus dioptimalkan agar semakin berkembang, sehingga membawa dampak positif bagi masyarakat desa. Pihaknya juga meminta pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) serta instansi terkait lainnya harus turun tangan membantu pembinaan sehingga potensi di setiap desa di daerah ini dapat dikembangkan dengan baik.

“Selain pembinaan, pemerintah daerah juga harus membantu mendukung hasil dari desa dan mempromosikannya secara luas, agar pemasaran hasil produksi akan semakin mudah dan membawa manfaat besar bagi masyarakat desa dan juga dikenal secara luas,” ucap Agus.

Politikus PDI Perjuangan ini juga mengatakan, pengembangan potensi desa akan berdampak positif, kalau nantinya menjadi sumber pemasukan bagi desa. Dampak positif juga akan dirasakan masyarakat dalam hal ekonomi dan penyerapan tenaga kerja sehingga kuga dapat mengurangi angka pengangguran di desa.

“Pembangunan di desa harus terus kita dorong dan terus ditingkatkan, tidak hanya pembangunan infrastruktur, tetapi juga di bidang ekonomi kerakyatan agar kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa juga dapat meningkat, terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” tutupnya.(bah)

Exit mobile version