Site icon KaltengPos

Pramuka Harus Tanggap, Inovatif, dan Kreatif

MENGIBARKAN: Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf saat mengibarkan bendera Pramuka tanda dilepasnya kwarcab Pramuka Kota Palangka Raya mengikuti Jambore XI.

Palangka Raya – Hari Pramuka atau Praja Muda Karana di Indonesia diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Pramuka Indonesia mulai diresmikan pada 14 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno.

Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya, Wahid Yusuf mendorong anggota gerakan Pramuka, khususnya Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Palangka Raya agar semakin cepat tanggap, kreatif dan inovatif menghadapi perubahan zaman.

“Saya berharap gerakan Pramuka dapat membangun citra positif dengan mewujudkan kapasitas informatika integritas dan kompetensi komunikasi publik di era digital dengan aksi cepat tanggap erta inovatif atas perubahan zaman masa kini,” ungkapnya, kemarin.

Wakil rakyat asal Dapil III meliputi Kecamatan Pahandut dan Sebangau ini menambahkan, untuk menjadi seorang anggota Pramuka tentunya harus selalu bisa menepati janjinya yakni (Trisatya) atau kesetiaan yang harus dimiliki para anggota Pramuka. Dengan begitu akan tercipta para penerus NKRI yang berkarakter sesuai harapan bangsa.

“Menjalankan kewajiban terhadap Tuhan YME dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Menolong sesama dan mempersiapkan diri dalam membangun di masyarakat, dan Menepati Dasadarma. Mewakili Kolega DPRD Kota, sekali lagi saya ucapkan, selamat Hari Pramuka Nasional ke-61,” jelas Wahid yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Palangka Raya ini

Dia mengungkapkan, peringatan Hari Pramuka ke-61 mengusung tema Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa. Hal tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 062 Tahun 2022 tentang Tema dan Logo Pramuka tahun ini.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Palangka Raya itu mengatakan, peringatan Hari Pramuka ke 61 secara nasional digelar di lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur mulai 14-21 Agustus. Kwarcab Kota Palangka Raya ikut berpartisipasi penuh mulai awal hingga akhir dalam kegiatan Jambore XI.

“Peserta Jambore XI dari sini sudah kita berangkatkan tanggal 10 kemaren. Semoga adik-adik yang ikut dapat menoreh prestasi untuk mengharumkan nama Kota Cantik dan Bumi Tambun Bungai,” jelasnya. (ahm/pra/uni/ko)

Exit mobile version