Site icon KaltengPos

Pojok Baca Digital, Fasilitas Baca Masyarakat di Era Digital

Luqman Alhakim

PALANGKA RAYA – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispursipda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam hal penyediaan fasilitas membaca. Salah satu program yang saat ini telah dijalankan adalah pojok baca digital. Pojok baca digital merupakan fasilitas membaca untuk umum yang terletak di beberapa titik lokasi pada areal jangkauan masyarakat umum.

Plt Kepala Dispursipda Kalteng Luqman Alhakim mengatakan pojok baca digital merupakan bantuan yang diberikan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dimana setiap provinsi hingga kabupaten/kota yang mendapatkan bantuan penyediaan fasilitas pojok baca digital di masing-masing daerahnya itu akan menentukan tempatnya.

“Menetapkan tempatnya di mana, lalu kita usulkan ke Perpusnas nanti dikirim usulan itu. Lalu pihak mereka melihat kelayakan usulan kita. Ini yang akan diberikan fasilitas pojok baca digital. Kalau di Provinsi Kalteng sendiri pojok baca digital itu ada di Aula Jayang Tingang lantai satu Kantor Gubernur Kalteng dekat dengan eskalator,” jelasnya kepada Kalteng Pos, belum lama ini.

Luqman mengakui, program pojok baca digital ini memang masih belum berjalan optimal. Namun ia berharap, karena akan ada bantuan buku dari Perpusnas RI, Tablet, serta PC, maka fasilitas itu dapat turut menjadi pelengkap dari fasilitas pojok baca digital tadi untuk mencari judul-judul buku yang dibutuhkan.

“Dengan mencari buku lewat situ, akan terlihat lengkap. Itu ada buku anak-anak dan lain-lain. Maka dari itu nanti kita akan mengenalkan pojok baca digital ini kepada masyarakat. Kami akan mengajak anak-anak TK, bukan hanya mengenalkan mereka akan buku-buku, tetapi juga fasilitas IT yang ada di situ untuk mencari buku,” ujarnya. (dan/ens)

Exit mobile version