Site icon KaltengPos

BEM Fakultas Nyatakan Sikap Mendukung Penerapan IPI di UPR

Gubernur dan Wakil Gubernur BEM dari masing masing fakultas saat jumpa pers di lantai 6 Gedung Pusat Pengembangan Iptek dan Inovasi Gambut, Rabu (9/6/2021)

PALANGKA RAYA-Sebanyak delapan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas di Universitas Palangka Raya (UPR) menyatakan mendukung adanya Iuran Pengembangan Institusi (IPI) Universitas Palangka Raya 2021.

Bentuk dukungan yang dituangkan dalam surat pernyataan yang ditandatangani oleh Gubernur dan Wakil Gubernur BEM Fakultas tersebut, disampaikan kepada pihak Rektorat UPR dan diterima langsung oleh Rektor UPR, Dr. Andrie Elia, SE, Rabu (9/6/2021) di lantai 6 Gedung Pusat Pengembangan Iptek dan Inovasi Gambut.

Dalam jumpa pers, Gubernur BEM Fisip UPR, Ronaldi Muher yang mewakili seluruh Gubernur dan Wakil Gubernur BEM Fakultas UPR mengaku mendukung dan menyatakan sikap tidak menolak kebijakan IPI 2021 di Universitas Palangka Raya.

“Kami tidak menolak kebijakan IPI Universitas Palangka Raya,”ucapnya singkat yang juga diamini oleh seluruh yang hadir dalam jumpa pers tersebut.

Terpisah, Rektor UPR, Dr. Andrie Elia, SE, MSi yang dibincangi wartawan mengatakan, penetapan IPI ini, dasarnya adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

“Jadi, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) boleh menerapkan IPI pada Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri,” ucap rektor.

Menurutnya, IPI tidak diberlakukan untuk mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Menurutnya, IPI ini sudah diterapkan pada mahasiswa baru UPR sejak Tahun 2019 lalu.

“Kelulusan mahasiswa jalur mandiri tidak ada hubungannya dengan besaran IPI, karena IPI hanya akan berlaku jika mahasiswa sudah dinyatakan lulusan seleksi (sesuai Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 Pasal 10 Ayat 4),” ujarnya.

Rektor juga mengucapkan terima kasih atas surat pernyataan yang disampaikan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur BEM di masing-masing fakultas tersebut. “Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh BEM di masing-masing Fakultas. (bud)

Exit mobile version