Site icon KaltengPos

Kuatkan Kelembagaan, MUI Kalteng Kunker

Dr. H. Khairil Anwar M.Ag

PALANGKA RAYA- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Tengah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa MUI kabupaten dan kota se-Kalteng selama Oktober 2021. Kunjungan kerja tersebut merupakan langkah penting dalam penguatan kelembagaan MUI.

“Kami melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev). Selain sebagai jalinan silaturrahim, juga mampu mengevaluasi dan menyerap aspirasi antar pengurus MUI Kabupaten dengan MUI Provinsi sehingga selaras dan sejalan dalam membina umat,” ujar Ketua MUI Kalteng, Dr H Khairil Anwar MAg dalam rilis yang disampaikan kepada Kalteng Pos.

Menurut Khairil, yang juga  Rektor IAIN Palangka Raya ini, tujuan dari kunker tersebut juga untuk mengevaluasi dan menyerap aspirasi antarpengurus MUI kabupaten dengan MUI provinsi sehingga selaras dan sejalan dalam pembinaan ummat. Lebih lanjut ia mengatakan monev tersebut mampu memberikan kejelasan serta ketegasan mengenai kaidah hukum dalam agama Islam, khususnya terhadap berbagai fenomena atau kebiasaan baru yang dilakukan masyarakat Islam sekarang.

Khairil juga menyampaikan bahwa Kalteng merupakan daerah terluas dan memiliki umat yang homegen namun keharmonisan antar umat terjaga dengan baik dengan kerjsama antar lembaga keagamaan. Di sinilah fungsi dari MUI sebagai penjembatan dan kemaslahatan ummat.

Monitoring dan Evaluasi (Monev) rencananya akan melibatkan keterwakilan pengurus MUI Kalteng yang dipilih sebagai Koordinator Wilayah MUI Kabupaten dan Kota. Mereka bertanggungjawab untuk datang ke MUI daerah agar sinergitas dan kekompakan antar pengurus tetap terjaga.

Kemudian dia juga menjelaskan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan kegiatan MUI Kab/Kota apa saja. Lalu bagaimana keterlibatan pengurus harian dalam keaktifan untuk melaksanakan program kerja. Selanjutnya harapan Khairil agar dari MUI Kab/Kota menyiapkan 2 orang untuk mengikuti program Pendidikan Kader Ulama (PKU) Kerjasama antara MUI Kalteng dengan IAIN Palangka Raya melalui leading sectore FUAD IAIN Palangka Raya.

Dia juga  menyampaikan pentingnya juga pembentukan Ganas Annar (Gerakan Nasional Anti Narkoba) untuk menangkal generasi kedepan untuk tidak mengenal Narkoba dan yang perlu digaris bawahi adalah peran serta MUI Kab/Kota untuk membimbing para muallaf yang ada di daerah masing-masing. (hms/soc/b-5/sma)

Exit mobile version