Site icon KaltengPos

SMA Muhammadiyah 1 Gelar Pelatihan Menulis Buku

LITERASI : SMA 1 Muhammadiyah Palangka Raya terus menggencarkan program linterasi sekolah dengan berbagai bentuk kegiatan dengan melibatkan warga sekolah, siswa, guru dan komunitas literasi.

PALANGKA RAYA – Program Literasi Sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya terus berlanjut dengan berbagai kegiatan literasi yang melibatkan warga sekolah , siswa , guru dan komunitas Literasi di Kota Palangka Raya bahkan Nasional.

Setelah sukses bergabung di Program Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional bersama Nyalanesia,  sebagai kelanjutan program literasi, SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya kembali  dalam kegiatan Literasi Nasional menulis Buku bersama sekolah- sekolah peduli literasi di seluruh Indonesia.

Pada tahun sebelumnya sekolah ini berhasil memperoleh penghargaan nasional di bidang Literasi diantaranya , Piagam Penghargaan  Kepala Sekolah berprestasi Literasi Tingkat Nasional, Guru Pembina dan penulis berprestasi literasi Tingkat Nasional atas nama Ruliyani, S.Pd  dan penghargaan tiga siswa aktif literasi tingkat nasional atas nama Adil Haris, Tri Wande Harto dan Mufidah Rahmi.

”Gerakan Literasi berupa gerakan sekolah menulis buku  sebagai sarana untuk  memfasilitasi para siswa dan guru  agar  gemar membaca, berliterasi dan berkarya walau dalam bentuk puisi, cerpen atau karya lainnya. Karya-karya itu dapat dibukukan sehingga dapat dibaca dan dapat menginspirasi para pemustaka dimanapun,” kata Kepala SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya Drs Ahmad Wahyu Cahyono MPd.

Kegiatan yang dilaksanakan di sekolah juga dibantu beberapa pihak untuk memberikan pelatihan dan dorongan gemar menulis walau hanya sekedar menulis satu bait puisi sekalipun. Pelatihan menulis naskah drama, menulis puisi dan pentas seni bincang sastra bersama stake holder komunitas literasi terkait kerap dilaksanakan.

Menurut Cahyono, beberapa  kegiatan lainnya di sekolah ini dilaksanakan sebagai penguatan program perpustakaan sekolah diantaranya program perpustakaan digital. Program literasi di Perpustakaan Desa Langkai, beberapa rumah ibadah dan Asrama Panti asuhan, dengan  berkunjung, saling berbagi pengetahuan literasi dan diskusi.

Perpustakaan sekolah ini juga berhasil menyabet peringkat 11 lomba perpustakaan sekolah Nasional tahun lalu, kembali berbenah untuk melayani dan mencerahkan pengetahuan. (sma/sos/b5/ko)

Exit mobile version