Site icon KaltengPos

Dua Masjid di Kalteng Raih DMI Award Nasional

JUARAI DMI AWARD: Masjid Raya Nurul Islam tampak dari bagian depan. Masjid ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Palangka Raya.

PALANGKA RAYA-Dua masjid di Kalteng berhasil meraih penghargaan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Award. Pertama, Masjid Nurul Islam Palangka Raya, yang meraih predikat terbaik II Nasional dalam kategori masjid raya, dan kedua Masjid Darul Muhajirin Kuala Kapuas sebagai terbaik III nasional pada kategori masjid mini atau musala. Hal ini disampaikan dalam siaran pers Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW-DMI) Kalimantan Tengah pada Senin (27/6).

“Berdasarkan hasil seleksi dan penilaian tim juri Dewan Masjid Indonesia (DMI) pusat, telah diputuskan bahwa dua masjid di Kalteng layak memperoleh penghargaan sebagai masjid terbaik nasional pada kategori tertentu,” kata Ketua Harian PW-DMI Kalteng, Dr H Bulkani MPd dalam rilisnya.

Menurut Bulkani, pengumuman pemenang dan penghargaan tersebut diberikan bersamaan dengan upacara Milad Emas ke-50 DMI dan Rakernas III DMI yang dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 25 Juni 2022. DMI Award sendiri merupakan penghargaan yang diberikan oleh PP-DMI terhadap masjid-masjid se-Indonesia yang dianggap memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan, antara lain aktivitas masjid, kelengkapan sarana prasarana, kebersihan serta kenyamanan. DMI Award juga merupakan puncak penilaian berbagai program PW-DMI Kalteng, antara lain program Masjid Bersih dan Sehat, Masjid Ramah Anak, dan Masjid Ramah Difabel. 

“Ya semacam pemeringkatan masjid se-Indonesia,” kata Bulkani.

Selanjutnya diterangkannya, dalam seleksi DMI Award ini, PW DMI Kalteng menunjuk 2 masjid di setiap kabupaten kota se-Kalteng sebagai peserta, sehingga jumlah peserta dari Kalteng adalah 28 masjid.

“Kita juga dinobatkan sebagai provinsi dengan jumlah kontingen terbanyak ke-3 se-Indonesia,” tambah Bulkani.

Untuk tahun-tahun mendatang, PW-DMI Kalteng akan terus berusaha mendorong peningkatan kualitas layanan masjid sehingga bisa memperoleh peringkat yang lebih baik lagi. (sos/sma/b5/ko)

Exit mobile version