Site icon KaltengPos

Tetap Perhatikan Asupan Gizi pada Anak

dr Franky Luhulima Sp.A

PALANGKA RAYA– Imunitas menjadi hal yang penting saat ini untuk dijaga dan ditingkatkan. Bahkan masyarakat saat ini berlomba-lomba berupaya menjaga kondisi imunnya agar tetap terjaga, dan juga prima.

Dokter Poli Klinik Anak RSUD Kota Palangka Raya dr Franky Luhulima menyampaikan, orangtua memiliki peran penting, dalam memperhatikan asupan anak di tengah situasi dan kondisi pandemi Covid-19.

Adapun asupan yang penting diberikan kepada anak untuk meningkatkan imunitas adalah, pemberian vitamin A, B, C, D, E  yang merupakan asupan mikronutrien. Yang seharusnya diberikan sehari sekali.

“Nah untuk asupan vitamin salah satu yang cukup penting, dimasa pandemi ini hal yang penting lainnya adalah asupan makanan bergizi, asupan air putih yang cukup,” ucapnya kepada Kalteng Pos, Jumat (30/7).

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah anak jangan sampai dehidrasi akibat kekurangan cairan, sehingga perlu diberikan asupan air mineral yang cukup dan juga istirahat yang cukup serta terapkan selalu protokol kesehatan (Prokes).

Tidak lupa juga, untuk memberikan asupan makanan bergizi kepada anak, dengan memiliki kandungan protein yang baik, karbohidrat yang seimbang, lemak dan mikronutrien yang cukup banyak terkandung dalam daging, hati ayam atau sapi dan sayur-sayuran.

Adapun untuk penyajiannya, dari sayur-sayuran, daging, hati ayam atau hati sapi sebaiknya selalu diolah dan dimasak secara bervariasi setiap harinya dengan tujuan anak tidak bosan dalam mengonsumsinya.

“Adapun untuk saran penyajiannya lebih baik di rebus, boleh juga sesekali di goreng, dan untuk pemberiam asupan daging, hati ayam dan hati sapi sebaiknya di berikan minimal dua sampai tiga kali seminggu,” pungkasnya. (ahm/ram)

Exit mobile version