Site icon KaltengPos

KPU Minta Masyarakat Cermati DCS

Sastriadi

PALANGKA RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah minta tanggapan masyarakat di provinsi ini terhadap nama-nama yang masuk dalam daftar calon sementara (DCS) anggota legislatif pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

“DCS telah kami umumkan. Kemudian mulai 19 sampai dengan 28 Agustus, kami minta masukan dan tanggapan masyarakat sebagai bagian dari tahapan Pemilu Serentak 2024,” kata Ketua KPU Kalteng Sastriadi di Palangka Raya, Minggu.

Nama-nama daftar calon sementara anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah dapat di lihat di https//bit.ly/dcsdprdkalteng.

Menurut Sastriadi, masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan terhadap calon sementara anggota DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota yang tercantum dalam DCS yang sudah diumumkan di media massa.

Dijelaskannya, bahwa masukan dan tanggapan dari masyarakat dapat disampaikan secara tertulis disertai bukti identitas diri seperti kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), paspor, dan/atau identitas lainnya. masukan dan tanggapan disertai bukti relevan.

Masukan dan tanggapan masyarakat disampaikan melalui form tanggapan masyarakat yang ada di website https://infopemilu.kpu.go.id. Persuratan masukan dan tanggapan yang disampaikan ke KPU, KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota disampaikan sesuai tingkatannya.

“Masukan dan tanggapan disampaikan masyarakat secara tertulis juga harus disertai bukti identitas diri. KPU sesuai tingkatannya akan melakukan klarifikasi terhadap masukan dan tanggapan masyarakat yang disampaikan,” katanya.

Sastriadi mengatakan, setelah diumumkan ke masyarakat, tahapan pencalonan berikutnya adalah penyusunan rancangan daftar calon tetap (DCT), untuk selanjutnya ditetapkan menjadi DCT pada 4 Oktober sampai 3 November 2023.

Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, jadwal tahapan pengajuan calon mulai 1 sampai 14 Mei 2023. Saat ini masuk pengumuman DCS yaitu 19—23 Agustus 2023. Masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS mulai 19-28 Agustus 2023.

Tahapan berikutnya, pengajuan pengganti DCS setelah ada masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS mulai 14 hingga 20 September 2023.

Verifikasi atas penggantian DCS pada tanggal 21—23 September 2023. Setelah itu dilanjutkan pencermatan rencana DCT pada 24 September—3 Oktober 2023. Penyusunan dan memasang DCT 4 Oktober—3 November 2023. Untuk pengumuman DCT pada Sabtu 4 November 2023. (irj)

Exit mobile version