Site icon KaltengPos

Selesaikan Rangkaian Haji, Jemaah Laksanakan Umrah Sunah

TAWAF: Ketua DPRD Kalteng Wiyatno (tiga dari kanan) yang tergabung dalam kloter enam embarkasi Banjarmasin ketika mengikuti tawaf ifadah.

PALANGKA RAYA-Rangkaian ibadah haji sudah diselesaikan oleh 360 jemaah haji asal Kalteng yang tergabung dalam kloter enam embarkasi Banjarmasin. Kegiatan terakhir yang diselesaikan oleh jemaah haji yakni menuntaskan tawaf ifadah dan sai.

“Alhamdulillah, Rabu malam (13/7) sekitar pukul 23.40 WAS (waktu Arab Saudi), seluruh jemaah haji Kalteng kloter enam sudah menuntaskan prosesi ibadah haji,” ucap pembimbing ibadah atau TPIHI kloter enam embarkasi Banjarmasin, H Muhdianor Hadi.

Dijelaskannya, sepulang dari melaksanakan puncak ibadah haji di Mina, pelaksanaan tawaf ifadah dan sai untuk jemaah haji kloter enam dibagi dua. Untuk jemaah haji yang kondisi kesehatannya prima dan masih muda dilaksanakan pada tanggal 12 Juli, sementara untuk jemaah yang memiliki risiko tinggi, jemaah lanjut usia, serta jemaah yang menggunakan kursi roda dilaksanakan bersamaan dengan tim kloter enam Banjarmasin pada tanggal 13 Juli.

“Dengan selesainya tawaf ifadah dan sai, maka berakhirnya rangkaian ibadah haji (tahalul tsani),” katanya kepada Kalteng Pos.

Saat ini, lanjut dia, jemaah haji Kalteng kloter enam tinggal menunggu bertolak ke Madinah. Rencananya akan dilaksanakan pada 22 Juli.

“Sembari menunggu waktu berangkat ke Madinah, kami persilakan jemaah haji untuk melaksanakan umrah sunah, tapi harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan, jangan terlalu memforsir,” ucap pimpinan Pondok Pesantren Busra Chalid itu.

Sementara itu, ketua kloter enam jemaah haji Kalteng embarkasi Banjarmasin Rahmat Fauzi mengatakan bahwa semua jemaah haji dalam kondisi sehat. “Alhamdulillah, jemaah haji bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan maksimal,” pungkasnya. (abw/ce/ala/ko)

Exit mobile version