Site icon KaltengPos

Gubernur Gelar Silaturahmi, Serahkan Dana Hibah untuk Organisasi Keagamaan

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menyerahkan dana hibah kepada organisasi keagamaan saat silaturahmi di Aula Istana Isen Mulang, Kamis (28/4).

PALANGKA RAYA-Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo menggelar silaturahmi bersama jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), ketua organisasi keagamaan, jajaran perangkat daerah, dan beberapa panti asuhan di Kota Palangka Raya. Kegiatan digelar di Aula Istana Isen Mulang, rumah jabatan gubernur, Kamis (28/4).

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengatakan, bulan Ramadan harus dimanfaatkan untuk hal-hal kebaikan, termasuk meningkatkan ibadah kepada Allah Swt.  Selain itu, bulan penuh berkah ini juga mesti dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi dan saling berbagi.

“Kepada yang memiliki harta lebih, di bulan Ramadan ini lebih banyak berbagi,” katanya saat menyampaikan sambutan.

Melalui silaturahmi itu, gubernur juga menyerahkan bantuan kepada pihak-pihak yang berhak menerima. Seperti anak yatim piatu, kaum masjid, dan orang-orang yang memerlukan. Juga ada penyerahan dana hibah kepada organisasi keagamaan.

“Mudah-mudahan dengan berbagi seperti ini, Kalteng mendapat rahmat dan berkah dari Allah Swt,” ucapnya.

Gubernur berharap bantuan yang diberikan itu bermanfaat untuk para penerima. “Mudah-mudahan dengan berbagi ini dapat bermanfaat dan mengurangi beban mereka yang berhak menerima, saya tidak ingin mendengar di Kalteng ini ada warga yang kelaparan,” tegasnya.

Silaturahmi ini juga dirangkai dengan salat Magrib berjemaah dan buka puasa bersama. Mengisi waktu menuju berbuka, ada suguhan ceramah yang dibawakan KH Sanusi Ibrahim. Dalam ceramahnya, KH Sanusi menyampaikan bahwa menjaga tali silaturahmi termuat Al-Qur’an.

“Allah mengingatkan dalam Al-Qur’an, ditimpa kemudaratan dan kehancuran di mana kalian berada, kecuali berpegang teguh dan berhubungan indah dengan Allah dan sesama manusia,” ucapnya.

Untuk itu, menjalin hubungan yang indah dengan Allah sangat perlu, karena setiap manusia diciptakan dan hadir di dunia ini untuk menjadi hamba yang dicintai Allah. Caranya, yakni dengan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

“Bina hubungan dengan Allah dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah dan kepada sesama manusia melalui silaturahmi,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, gubernur menyerahkan dana hibah masing-masing Rp1 miliar kepada MUI Kalteng, PWNU Kalteng, dan PW Muhammadiyah Kalteng. Juga diserahkan bantuan kepada imam masjid, kaum masjid, yatim piatu dan fakir miskin atau manula. Total bantuan yang diberikan se-Kalteng senilai Rp 8,6 miliar. Secara simbolis diberikan kepada sebelas panti asuhan di Palangka Raya, dan selebihnya disalurkan melalui Biro Kesra Provinsi Kalteng. (abw/ce/ala/ko)

Exit mobile version