Site icon KaltengPos

Perketat Pemeriksaan di Perbatasan

Pemda Kapuas kembali menggelar Rakor terkait penanganan pandemi Covid-19 di wilayahnya di

KUALA KAPUAS – Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas kembali menggelar Rapat koordinasi (Rakor) terkait penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Kapuas. Rapat kali ini terkait peniadaan mudik Hari Raya Idulfitri 1442 H dan upaya pengendalian pandemi virus Covid-19 selama bulan suci Ramadan.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang memimpin Rakor tersebut melalui sambungan virtual meminta kepada instansi terkait untuk memperketat pemeriksaan terhadap orang yang masuk maupun keluar dari perbatasan.

“Setiap pos perbatasan agar betul-betul melakukan pemeriksaan terhadap arus keluar-masuk masyarakat dan mengatur sedemikian rupa, agar tidak terjadi penumpukan ataupun kemacetan di wilayah sekitaran pos,” kata Ben, Kamis (29/4).

Lebih lanjut, dirinya juga meminta kepada Satgas Penanganan Covid-19 Kapuas agar selalu rutin melakukan razia protokol kesehatan kepada masyarakat di tempat-tempat keramaian.

“Lakukan pendisiplinan protokol kesehatan bagi masyarakat, baik itu seperti di rumah makan, pusat perbelanjaan maupun tempat keramaian,” tegas bupati.

Terkait dengan pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadan, Ben mengimbau agar Satgas bersama pengelola rumah ibadah untuk bersama-sama dalam mengatur prokes seperti pemberian jarak antar satu jamaah dengan lainnya dan penyediaan alat ukur suhu serta tempat cuci tangan.

“Yang terpenting adalah disiplin protokol kesehatan, bagi masyarakat yang kedapatan tidak disiplin prokes, agar segera ditegur dan diberikan sosialisasi untuk disiplin prokes dalam aktivitasnya seharihari,” ujarnya.

Sementara itu, ditemui usai rapat, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kapuas, Ilham Anwar mengungkapkan Pemkab Kapuas bersama Satgas Covid dan instansi terkait hingga saat ini terus memastikan pencegahan dan penaganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Kapuas berjalan dengan baik. “Termasuk pengawasan protokol kesehatan dan berbagai upaya pencegahan lainnya dilaksanakan dengan ketat dan serius,” pungkasnya.

Rapat ini juga dihadiri unsur Forkopimda dan stakeholder terkait. Dalam rapat yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda Kapuas ini juga dihadiri setiap Kepala Perangkat Daerah bersama jajarannya masingmasing, yang mana disampaikan beberapa laporan maupun paparan terkait penanganan pandemi Covid-19 yang sudah berjalan hingga saat ini. (hmskmf/ans/ko)

Exit mobile version