Site icon KaltengPos

Tekan Angka Putus Sekolah Dalam Menuju SDM Unggul

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong dan istri saat menerima kunjungan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di lokasi Food Estate Sepang, baru-baru ini.

KUALA KURUN – Program smart human resources berupa pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul terus digalakkan. Ini dilakukan agar pendidikan di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) membaik dan mampu menekan angka pelajar putus sekolah.

”Sekarang ini, angka pelajar putus sekolah di Kabupaten Gumas cukup tinggi. Penyebabnya adalah karena faktor kemiskinan,” ucap Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Gumas, Esra, baru-baru ini.

Dia mengatakan, tentu ini akan menjadi tantangan bagi semua pihak, sehingga angka pelajar putus sekolah bisa ditekan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah bekerja maksimal dalam menekan angka pelajar putus sekolah di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

”Minimal pelajar lulus SMA sederajat, dan akan sangat baik jika mereka dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Pendidikan menjadi pilar penting dalam pembentukan karakter dan masa depan yang lebih baik,” tegasnya.

Untuk menekan angka pelajar putus sekolah, lanjut dia, juga diperlukan peran orang tua. Mereka bertanggung jawab dalam mendorong anak untuk sekolah, dan memberikan pemahaman pada anak bahwa pendidikan itu akan dapat memberantas kebodohan dan kemiskinan.

”Anak-anak harus sekolah untuk meraih asa dan cita. Sebagai generasi penerus pembangunan, mereka harus mempunyai SDM yang unggul dan siap bersaing dengan generasi muda dari daerah lain,” tuturnya.

Dia menambahkan, dengan adanya program smart human resources tersebut, akan mampu meningkatkan kualitas para guru dan pelajar, sehingga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Gumas terus meningkat ke level yang semakin baik.

”Dengan adanya sinergitas yang baik antara pemerintah daerah, orang tua, dan stakeholder lainnya, maka kami yakin angka pelajar putus sekolah akan dapat diminimalisir bahkan ditiadakan,” tandasnya.(okt/pk)

Exit mobile version