Site icon KaltengPos

Bank Kalteng Serahkan Bantuan CSR

SIMBOLIS : Pemimpin Bank Kalteng Cabang Utama Sriyanto S Hut (empat dari kanan) menyerahkan bantuan kepada Ketua Kelompok Tani Harapan Asep Eka Dwi Sunandar, Rabu (9/2).

Berupa Alat Sensor Pertanian Modern

PALANGKA RAYA ­ Bank Kalteng Cabang Utama menyerahkan bantuan melalui pro­gram Corporate Social  Responsibility (CSR) berupa  alat sensor per­tanian modern smart farming kepada Ketua Kelompok Tani Hara­pan, di KM 38, Jalan Garuda I, KelurahanSei Gohong, Kecamatan Bukit Batu, Kota Pa­langka Raya, Rabu (9/2).

Bantuan yang dise­rahkan tersebut terdiri dari 1 unit jinawi smart fertilizing recommen­dation system, 1 unit weather dan pest de­fection sensor dan 1 unit data management. Bantuan ini guna men­dukung program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya di Kota Palangka Raya.

Penyerahan smart farming dihadiri oleh Camat Bukit Batu, Hendrikus S Budi AP MAP, Lurah Sei Go­hong Wayan Gumreg, Kepala Pengelola Badan Penyuluh Pertanian  Tangkiling, Yaya Mutia dan Anggota Kelompok Tani Harapan.

“Bantuan CSR ini juga sebagai bentuk tanggu­ng jawab moril terha­dap masyarakat sekitar dan merupakan bentuk komitmen dari Bank Kalteng dalam bidang pertanian yang ada di Kecamatan Bukit Batu,” kata Pemimpin Bank Kalteng Cabang Utama, Sriyanto S Hut kepada Kalteng Pos, Rabu (9/2).

Menurut Sriyanto, bantuan ini selaras dengan perkem bangan zaman yang serba di­gital. Dengan alat ini petani bisa memantau cuaca, PH tanah, se­hingga petani muda akan lebih terbantu danlebih familiar dalam penggunaan teknologi digital.

“Saya berharap, den­gan bantuan CSR dari Bank Kalteng akan membantu petani da­lam mengelola, mena­ngani  pekerjaan atau menggeluti profesi se­bagai petani yang lebihmaju, yang akhirnya bisa meningkatkan pro­duksi pertanian,” tan­dasnya.

Di tempat yang sama Camat Bukit Batu, Hen­drikus S Budi, mengu­capkan terima kasih kepada Bank Kalteng karena telah memilih Kecamatan Bukit Batusebagai pilot project dari alat smart farming.

“Diharapkan dengan mengikuti arah alat yang canggih ini, yang dikerjakan petani tidak gagal, karena dengan pertanian yang tepat, menanam yang tepat, tentu mendapatkan ha­sil melimpah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Harapan yang juga Duta Petani Milenial, Asep Eka Dwi Sunandar, menyam­paikan ucapan terima kasihnya kepada Bank Kalteng atas bantuan tersebut. Sebab, bantu­an itu sangat berguna bagi para petani.

“Dengan alat ini akan membantu petani men­deteksi cuaca, mere­komendasikan segala penyakit tanaman yang datang dan alat ini men­jadi sumber informasi bagi petani. Sebab, sela­ma ini petani hanya ber­dasarkan kira kira dalam hal bertani, sementara jika bertani hitungan pasti bukan kira kira,” ungkapnya.

“Semoga kepedulian dari Bank Kalteng bisa diikuti lembaga lemba­ga lainnya,” tuturnya. (kom/yan/b5/aza/ko)

Exit mobile version