Site icon KaltengPos

BAZNAS Kalteng Luncurkan Gerobak Saudagar

Didampingi Wakil Ketua Bidang Pendistribusian BAZNAS Kalteng H Kasdani (peci putih), Plt Sekda Kalteng H Nuryakin berdialog dengan Halimatus Sya'diah, penerima program Gerobak Saudagar BAZNAS Kalteng, Minggu (11/7/2021).

PALANGKA RAYA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Tengah, kembali meluncurkan program Gerobak Usaha bagi mustahik. Kali ini sasaran penerima program adalah mereka yang telah memiliki usaha kecil dalam bentuk pembaruan gerobak.

“Tentu saja, ada kriteria khusus yang dipersyaratkan sebagai penerima. Apalagi jumlahnya juga sangat terbatas,” ujar Ketua BAZNAS Kalteng Mustain Khaitami.

Minggu (11/7/2021), program yang dinamai Gerobak Saudagar diluncurkan. Namun karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, peluncuran dilakukan secara sederhana.

Pada kesempatan itu, Plt Sekda Kalteng H Nuryakin yang melakukan penyerahan gerobak secara simbolis kepada Halimatus Sya’diah, warga Jalan Mendawai I Gang Bersama Palangkaraya.

Menurut Mustain Khaitami yang di kalangan jurnalis akrab disapa Ami, ibu Halimah dipilih sebagai penerima program karena selama ini sebagai orangtua tunggal yang gigih berjuang untuk membiayai dua anak setelah suaminya meninggal dunia beberapa tahun lalu.

Dengan keterbatasan ekonomi, dia berusaha agar anak-anaknya tetap bisa mengenyam pendidikan. Bahkan salah satunya kini masih kuliah di sebuah perguruan tinggi di Palangka Raya.

“Semangat tidak gampang menyerah dan mau berjuang inilah yang patut kita apresiasi sebagai contoh bagi yang lain. Terlebih dalam kondisi sekarang,” kata Ami.

Gerobak Saudagar sendiri merupakan salah satu program penyaluran zakat untuk usaha produktif bagi mustahik. Selain di Palangkaraya, program BAZNAS Provinsi Kalimantan Tengah ini juga akan diluncurkan di Kabupaten Pulangpisau dengan menggandeng BAZNAS setempat.

Gerobak Saudagar bagi pengusaha mikro ini mengusung tema jajanan sehat. Selain dirancang praktis dan menimbulkan kesan higienis pada jajanan yang dijual, konsumen juga diharapkan merasa lebih nyaman untuk membeli. Dengan begitu, omzet pedagang meningkat dan kesejahteraan keluarga penerima program juga menjadi lebih baik.

“Alhamdulillah setelah pakai gerobak ini banyak pembeli yang merasa senang. Katanya lebih bersih,” komentar Halimah.

Plt Sekda Kalteng H Nuryakin pada kesempatan itu menyatakan apresiasinya terhadap Program Gerobak Saudagar yang digagas BAZNAS Kalteng. 

Dia menyebut program tersebut juga patut mendapat dukungan dari kalangan pengusaha agar bersama-sama membantu pengusaha mikro lebih berkembang. Termasuk dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui BAZNAS Kalteng.

“Tidak hanya di Palangka Raya, tapi juga diharapkan program ini bisa dilakukan pada kabupaten lainnya di Kalteng, sehingga mustahik bisa menerima manfaat yang berkelanjutan sebagai salah satu usaha pemberdayaan ekonomi. Alhamdulillah, BAZNAS Kalteng sudah melakukan program ini sebagai bentuk pemanfaatan dana zakat yang terhimpun,” kata Nuryakin. (*/ko)

Exit mobile version