Site icon KaltengPos

Karnaval Budaya FBIM 2024 Berlangsung Meriah, Penonton Tumpah Ruah

 

PALANGKA RAYA –Karnaval Budaya yang menjadi salah satu kegiatan pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2024 berjalan sangat meriah. Kegiatan yang dilaksanakan di Bundaran Besar Kota Palangka Raya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Bumi Tambun Bungai, Minggu pagi (19/5/2024). Warga pun berbondong-bondong dan rela berpanas-panasan demi menjadi saksi kemeriahan Karnaval Budaya.

Bagaimana tidak, setiap perwakilan kontingen dari 13 Kabupaten dan satu kota menyajikan ciri khas adat dan budaya khas Kalteng. Mulai dari pakaian adat yang dikenakan, tarian, hingga musik khas Bumi Tambun Bungai dilantunkan.
Karnaval Budaya itu juga diramaikan dengan tari kolosal 100 topeng yang ditarikan langsung oleh 100 pelajar se-Kota Palangka Raya.

Perayaan Karnaval Budaya dilepas secara langsung oleh Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran. Dalam sambutannya, ia menjelaskan karnaval budaya tidak hanya menjadi serangkaian kegiatan hari jadi Provinsi Kalteng yang ke-67, tetapi juga menjadi bentuk promosi budaya di Kalteng.

“Kegiatan ini menunjang sektor wisata nasional dan mendukung program Wonderful Indonesia yang digagas oleh Kementerian Wisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Event yang diselenggarakan setiap tahun itu diharapkan bisa dilestarikan dan ditingkatkan secara terus menerus,” ungkap orang nomor satu di Kalteng ini.

Gubernur juga mengatakan FBIM 2024 akan menjadi kekuatan industri kreatif Kalteng. “Tentu untuk menunjang bagian dari perekonomian Kalteng,” tutupnya.

Karnaval Budaya yang diikuti oleh pemerintah kabupaten/kota di Kalteng maupun instansi perangkat daerah memulai berjalan dari Bundaran Besar dan mengakhirinya di Jalan Yos Sudarso.(ham)

Exit mobile version