Site icon KaltengPos

Polda Kalteng Gelar Lomba Mural

TERKESIMA: Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo didampingi para pejabat utama melihat karya mural dari para peserta. (FOTO: AGUS PRAMONO/KALTENG POS)

TERKESIMA: Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo didampingi para pejabat utama melihat karya mural dari para peserta. (FOTO: AGUS PRAMONO/KALTENG POS)

PALANGKA RAYA-15 tim seniman lukis dan pecinta seni gambar dari berbagai wilayah di Kalimantan  Tengah datang dan mengikuti lomba melukis dinding atau mural bertajuk Bhayangkara Mural Festival Polda Kalteng tahun 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan di bilangan Taman di Jalan Lambung Mangkurat, Kelurahan Menteng, Kota Palangka Raya, Sabtu (30/10).

Bhayangkara Mural Festival  Polda Kalteng ini sendiri merupakan bagian dari acara kegiatan Bhayangkara  Mural Festival  Nasional yang dilaksanakan oleh Mabes Polri dalam rangka memeriahkan  HUT ke-70 Humas Polri dan dilaksanakan  serentak di seluruh jajaran polda di 34 Provinsi di Indonesia. Acara kegiatannya ini  di buka langsung  oleh Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo dan  diikuti pejabat Polda Kalteng secara virtual.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo menyempatkan diri untuk hadir langsung menyaksikan langsung karya yang ditampilkan para seniman mural ini yang datang dari 9 kabupaten dan kota di KalimantanTengah ini. Didampingi pejabat utama, jenderal bintang dua ini berkeliling dan melihat satu per satu hasil karya dari para seniman lukis yang datang dari 10 kabupaten/kota  yang ada di wilayah Kalteng.

Beberapa kali  Dedi sempat  terlihat berbincang bincang akrab dengan para seniman untuk menanyakan tentang hasil karya mereka tersebut.Para seniman mural ini sendiri tampak juga sangat antusias menyambut kehadiran Kapolda Kalteng ini.

Seusai melihat lihat hasil karya  yang di buat dari para peserta lomba, Dedi menyempatkan diri untuk membuat goresan pertama di atas kanvas tanda dimulainya kegiatan Bhayangkara Mural Festival Polda Kalteng 2021.

“Tema yang kita angkat berupa edukasi kepada masyarakat tentang  protokol kesehatan dan  kemudian tentang vaksinasi,“ ujar Dedi kepada wartawan.

Dikatakannya tema tersebut diambil agar masyarakat selalu fokus dan  ingat untuk menerapkan protokol kesehatan dan mau mengikuti kegiatan  vaksinasi Covid-19.

“Karena dua hal tersebut, kita bisa memutus mata rantai Covid-19,“ucap jenderal lulusan Akabri tahun 1990 ini.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro kepada Kalteng Pos menambahkan kegiatan Bhayangkara Mural Festival  tahun 2021 ini diadakan di seluruh Indonesia ini yang di tingkat nasional festival ini memperebutkan Piala Kapolri Cup tahun 2021.

Tema HUT ke-70 Humas Polri adalah Humas Polri Siap menjawab tantangan di era teknologi informasi aktual menuju Polri yang Presisi. Maka diharapkan dengan adanya Festival Mural ini, para seniman mural bisa memberikan berbagai masukan dan juga kritik yang membangun buat perbaikan khususnya untuk institusi  Polri ke depannya.

Lomba ini di ikuti oleh 20 tim  peserta lomba dari seluruh wilayah kalteng. Namun yang hadir saat lomba berjumlah 16 tim . Ditambahkannya dari 16 tim peserta lomba ini, telah dipilih satu tim untuk mewakili Polda Kalteng dalam Bhayangkara Mural Festival di Jakarta untuk memperebutkan  Kapolri  Cup.

“Kalau di sini memperebutkan Piala Kapolda Kalteng,untuk di pusat Piala Kapolri,” ucap Eko.(sja/ram)

Exit mobile version