Site icon KaltengPos

Audisi GBN Diikuti 25 Peserta

KEBERSAMAAN: Kepala Disbudpar Kalteng Adiah Chandra Sari bersama dewan juri, serta peserta Audisi GBN, Sabtu (10/6).

PALANGKA RAYA-Sebanyak 25 peserta dari tingkat pelajar/mahasiswa mengikuti Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) Tingkat Provinsi, di Hotel Best Western Batang Garing, Palangka Raya, Sabtu (10/6). Kegiatan GBN tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Adiah Chandra Sari.

Saat membacakan laporannya, Kepala Bidang Kesenian Tradisi dan Warisan Budaya, Disbudpar Kalteng, Sussy Asty, menyampaikan, kegiatan GBN yang digelar bertujuan untuk menjalin persatuan dan kesatuan dikalangan generasi muda dan untuk membangun karakter bangsa, agar mempunyai semangat Patriotisme serta nasionalisme.

“GBN digelar untuk menjaring bakat di kalangan Generasi Muda, khususnya dalam seni suara sehingga terbentuk Tim Paduan Suara yang andal,” tuturnya.

Nantinya, sambung Sussy Asty, peserta Audisi akan menyanyikan salah satu lagu yang telah ditentukan oleh Panitia dari pusat dan menyanyikan lagu secara langsung dihadapan Dewan Juri. Untuk pengumuman peserta yang lolos Audisi akan diumumkan secara langsung.

“Peserta Audisi yang lolos di tingkat provinsi ini nantinya, akan diberangkatkan ke Jakarta untuk bergabung dengan seluruh peserta se-Indonesia yang telah lolos Audisi pada tingkat Provinsi masing-masing,” ungkap Sussy.

Di tempat yang sama Kepala Disbudpar Kalteng, Adiah Chandra Sari, mengatakan, audisi GBN merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya diselenggarakan. Hal ini berdasarkan program kementerian pendidikan, kebudayaan riset dan teknologi yang mempunyai tujuan sebagai wadah atau tempat menyalurkan bakat dan potensi di bidang seni suara bagi pelajar/mahasiswa.

“Kegiatan GBN ini, untuk mendorong para generasi muda, agar selalu meningkatkan prestasi dan potensi diri, agar menjadi individu kreatif dan memiliki jati diri yang kuat dalam membangun Bangsa,” katanya.

Adiah menambahkan, peserta Audisi yang lolos akan mewakili provinsi Kalteng menuju Jakarta.

“Nantinya perwakilan Kalteng, bersama peserta lainnya dari seluruh Provinsi se-Indonesia akan tergabung di Tim Paduan Suara GBN dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Jakarta,” Jelasnya.

Pada Kegiatan GBN tersebut, telah menghasilkan sejumlah pemenang yang lolos dan akan mewakili Kalteng untuk bergabung dengan Tim Gabungan Paduan Suara GBN di Jakarta. Pemenang GBN Tahun 2022 perwakilan Kalteng diantaranya, pemain Sopran dari Barito Utara ( Barut ) Lolita Handayani, Alto dari Kapuas Arine Anugrani, Tenor dari Barito Utara (Barut) Danang Nugroho, dan Bass diraih perwakilan Barito Utara (Barut) Aulianur Fajri. (sos/dha/b5/ko)

Exit mobile version