Site icon KaltengPos

UPR Jalin Kerjasama dengan BIG

KERJASAMA : Selesai penandatangan kerjasama Universitas Palangka Raya menjalin kerjasama dengan Badan Informasi Geospasial

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya Dr Andrie Elia MSi menyaksikan langsung Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pembentukan (PKS) Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Data Spasial (PPIDS) antara Universitas Palangka Raya dan Badan Informasi Geospasial (BIG)  Republik Indonesia, Kamis (21/7) di Aula Rahan Universitas Palangka Raya.

Rektor UPR Dr Andrie Elia MSi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembentukan PPIDS ini sangat diperlukan dalam upaya Tridarma Perguruan Tinggi untuk mendukung keberlanjutan pengelolaan sumber daya alam, yang mana saat ini perguruan tinggi juga sedang mendukung Proyek Nasional tentang lumbung pangan (food estate) demi keberlanjutan cadangan pangan nasional.

“Selain itu pembentukan PPIDS juga diperlukan guna mendukung partipasi aktif UPR melalui Pusat Pengembangan Iptek dan Inovasi Gambut UPR dalam keterlibatan terhadap permasalahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” ujar Andrie .

Dan yang paling akhir dukungan PPIDS juga bisa mengurangi kesenjangan keutuhan ruang untuk kepentingan pembangunan daerah.

Kepala Badan Informasi Geospasial Pusat Prof Dr RER NAT Muhammad  Aris Marfai SSi, MSc, menyampaikan apresiasi tinggi kepada Rektor Universitas Palangka Raya atas kerjasama ini. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan PPIDS UPR nantinya dapat berkontribusi dalam percepatan simpul jaringan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, baik di tingkat Provinsi maupun kabupaten dan kota dengan pola Kerjasama Tripartid antara Badan Informasi Geospasial, Pemerintah dan Akademisi.

Selain itu penguatan kerjasama ini diharapkan juga memperkaya sumbangsih pemikiran UPR dalam upaya pembangunan atau pengembangan simpul jaringan seperti peningkatan kapasitas teknologi, sumberdaya manusia, kelembagaan simpul jaringan di daerah dan juga sejalan dengan pelaksanaan visi dan misi UPR. (sma/ko)

Exit mobile version