Site icon KaltengPos

Beruang Madu Masuk Komplek Perumahan

DIEVAKUASI : Petugas BKSDA Kobar melakukan evakuasi seekor Beruang Madu, Jumat (10/6). Foto: BKSDA Kobar Untuk Kalteng Pos

PANGKALAN BUN – Balai Konservasi Sumber Daya Alam SKW II Pangkalan Bun kembali melakukan evakuasi terhadap binatang liar dilindungi. Seekor Beruang Madu berumur satu tahun ditemukan berkeliaran di Komplek AURI Pangkalan Bun, Jumat (10/6). Satwa liar berjenis kelamin betina ini ditemukan dalam kondisi sehat dan saat ini sudah diamankan.

Kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun Dandi mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi Beruang Madu. Pasalnya, satwa tersebut sempat berlarian menghindari kejaran warga. Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, petugas yang melakukan observasi harus menembak satwa tersebut.

“Kami harus menembak dengan obat bius. Ini menjadi SOP yang harus dilakukan. Satwa tersebut dikuatirkan melukai petugas pada saat evakuasi,”katanya.

Satwa ini diperkirakan memiliki berat sekitar 15 kg dan sudah dilakukan pemeriksaan. Tidak ditemukan adanya luka ataupun mengalami sakit. Kondisinya cukup baik dan pada saat ditemukan memang sempat membuat warga sekitar ketakutan.

“Kami masih akan melakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan. Rencananya akan dilepasliarkan di SM Lamandau,”ucapnya.(son/ko)

Exit mobile version