Selasa, April 16, 2024
25.5 C
Palangkaraya

CATEGORY

KESEHATAN

Perlu Pemberdayaan Keluarga

TUBERCULOSIS (TB) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh miycrobacterium tuberculosis. TB juga terbagi atas dua macam yakni TB paru dan TB ekstra paru (Smeltzer et al., 2016).

Edukasi Kesehatan bagi Perawatan Lansia Hipertensi secara Mandiri

Lansia yang mengalami proses penuaan, mengalami perubahan faktor biologi dan sosial yang terjadi secara alami sebagai akibat proses penuaan. Perubahan yang terjadi pada lansia secara biologi seperti penurunan kemampuan pengelihatan, pendengaran, aktivitas fisik dan sebagainya. Perubahan kondisi fisik mengakibatkan lansia tidak mampu beraktivitas secara optimal, terutama bagi lansia yang memiliki berbagai masalah kesehatan yaitu hipertensi.

Edukasi Cegah Luka Kaki Diabetik pada Lansia Penderita DM

DIABETES melitus termasuk kelompok penyakit metabolisme yang dikarakteristikkan oleh tingginya kadar glukosa dalam darah (hiperglikemia) karena defek sekresi insulin, defek kerja insulin atau kombinasi keduannya. Diabetes mellitus tipe 2 adalah penyakit endokrin yang paling umum dan bentuk paling umum dari diabetes.

Dosen Polkesraya Pengabdian Masyarakat di Bukit Rawi

DOSEN Poltekkes Kemenkes Palangka Raya (Polkesraya) melakukan sosialisasi dan workshop di Desa Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah. Sosialisasi ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit jantung dengan penggunaan kekayaan alam yang ditemukan di Desa Bukit Rawi.

Hari Kontrasepsi Sedunia, Momentum Tingkatkan Pengetahuan terkait KB

Tanggal 26 September diperingati sebagai Hari Kontrasepsi Sedunia atau World Contraception Day. Hari Kontrasepsi Sedunia merupakan momentum dalam rangka meningkatkan komitmen stakeholder, provider medis, mitra kerja, dan masyarakat dalam rangka memaksimalkan percepatan pencapaian program bangga kencana secara menyeluruh.

Setiap Tahun 18 Juta Orang Meninggal Akibat Jantung

Penyakit jantung merupakan peringkat teratas dari seluruh penyebab kematian di dunia. Data organisasi kesehatan dunia WHO, setiap tahun ada 18 juta orang meninggal di dunia berhubungan dengan jantung.

Digital Subtraction Angiography Layanan Terbaru di RSUD dr Doris Sylvanus

Seiring berkembangnya teknologi dalam bidang kedokteran RSUD dr. Doris Sylvanus menjawab tantangan tersebut dengan hadirnya teknologi baru berupa pemeriksaan pembuluh darah di RSDDS. Pemeriksaan tersebut dengan sistem Digital Subtraction Angiography (DSA) yang merupakan teknik radiologi intervensi untuk mendapatkan gambaran aliran darah organ tertentu.

Waspada, Pusing Bisa jadi Salah Satu Indikasi Alami Gejala Aritmia

Ketua Perhimpunan Aritmia Indonesia (PERITMI) dr. Sunu Budhi Raharjo, Sp.JP (K), PhD mengatakan pusing bisa menjadi salah satu gejala aritmia selain indikasi lainnya seperti pingsan dan jantung berdebar. "Pusing saja bisa merupakan gejala aritmia, kemudian pingsan menjadi satu gejala yang paling sering kami temukan karena sebab aritmia. (Gejala) yang paling sering itu berdebar dan yang paling ditakutkan aritmia menyebabkan henti jantung," kata Sunu di Jakarta, Selasa (29/8).

Kasus Gangguan Pernapasan Meningkat

-Tingginya polusi berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah kasus penyakit pernapasan. Meski, ada beberapa jenis penyakit lain yang juga bisa dipicu karena polusi. Anak, ibu hamil, lansia, dan mereka yang memiliki riwayat penyakit pernapasan lebih berisiko.

Penuhi Nutrisi dan Olah Raga yang Konsisten untuk Jaga Kesehatan

PANDEMI Covid-19 membuat banyak orang di dunia mulai lebih sadar terhadap pentingnya merawat tubuh agar lebih sehat dan tahan sakit. Lantas, apa saja yang mesti mengiringi kesadaran akan kesehatan ini agar dapat terwujud kesehatan paripurna bagi tubuh?

Berita Terbaru

/