Untuk Membangkitkan Semangat Nasionalisme

Bupati Jadi Inspektur Upacara Apel Kebangsaan di SMKN I Kurun

5

”Apel ini untuk memupuk semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan peserta didik, mengedukasi tentang pentingnya peran generasi muda dalam memajukan daerah, serta memikirkan dan mengembangkan implementasi nilai-nilai Pancasila”.

Jaya Samaya Monong

Bupati Gunung Mas

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong menjadi inspektur upacara (irup) pada apel kebangsaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kurun tahun 2023, Senin (28/8). Apel ini dihadiri Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, Kajari Sahroni, Pabung Kodim 1016/Plk Letkol Inf Maksun Abadi, Pj Sekda Richard, para guru dan peserta didik sekolah tersebut.

”Apel ini bertujuan untuk memupuk semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan peserta didik, mengedukasi tentang pentingnya peran generasi muda dalam memajukan daerah, serta memikirkan dan mengembangkan implementasi nilai-nilai Pancasila,” kata Jaya S Monong, Senin (28/8).

Baca Juga :  Desa Jangkit dan Tumbang Lampan Sudah Ada Listrik dari PLN

Bupati mengajak peserta didik untuk berperan aktif dan selalu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan positif yang dapat membangun karakter dan kualitas pribadi. Hal tersebut harus diterapkan sejak dini menuju generasi muda yang cerdas, dan menjadi generasi emas 2045.

”Semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Generasi muda memiliki peran kunci dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik untuk daerah,” tegasnya.

Jaya minta generasi muda agar menerjemahkan Pancasila sebagai pedoman bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Apalagi Pancasila merupakan ideologi yang hidup dalam setiap tekad, sikap, perilaku, dan tindakan seluruh generasi muda.

”Dengan menjadikan Pancasila ideologi praktis, maka setiap perbedaan dapat diselesaikan secara damai dan bermartabat, karena memiliki landasan nilai-nilai atas dasar prinsip musyawarah dan mufakat,” tuturnya.

Baca Juga :  Perlu Edukasi Tentang Pentingnya Vaksinasi

Sementara itu, Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra mengatakan, apel kebangsaan ini sangat penting untuk membentuk karakter generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

”Saya berharap apel kebangsaan ini dapat menjadikan peserta didik akan semakin memahami nilai-nilai kebangsaan dan berkontribusi positif dalam pembangunan daerah,” terangnya.

Melalui apel kebangsaan ini, lanjut dia, akan memberikan inspirasi dan semangat baru bagi para peserta didik untuk terus berjuang demi kemajuan bangsa dan daerah.

”Dengan semangat nasionalisme yang ditanamkan dalam apel kebangsaan, maka diharapkan generasi muda bisa terus melaju untuk Indonesia maju,” tandasnya. (okt/ens)