Site icon KaltengPos

Bandar Udara Tumbang Samba Diaktifkan Kembali

PENYAMBUTAN - Bupati Katingan Sakariyas dan rombongan ketika menyambut kedatangan seorang pilot pesawat, usai melakukan penerbangan perdana di Bandar Udara Perintis Tumbang Samba, Senin (7/3).

KASONGAN – Setelah sebelumnya sempat berhenti melakukan operasional. Kini Bandar Udara Perintis Tumbang Samba di Kecamatan Katingan Tengah diaktifkan kembali. Di Bandara Udara ini akan melayani penerbangan Pulang Pergi (PP) dari Tumbang Samba ke Banjarmasin Kalimantan Selatan, setiap hari senin. Dengan jenis jenis pesawat Cessna Caravan operator Susi Air, bermuatan 12 orang.

Bupati Katingan Sakariyas mengaku menyambut baik, dengan aktifnya penerbangan di Bandara Udara Perintis Tumbang tersebut. Ini sangat membantu bagi masyarakat Kabupaten Katingan, maupun lainnya. “Semoga dengan adanya rute PP ke Banjarmasin, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sebab untuk biaya penerbangannya cukup murah dibandingkan menggunakan jalan darat. Selain itu waktu tempuh lebih cepat. Karena untuk biayanya ada disubsidi oleh pemerintah,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, untuk tarif sekali terbang dari Banjarmasin ke Tumbang Samba sebesar Rp 319.800. Sedangkan jika dari Tumbang Samba ke Banjarmasin sebesar Rp 399.800, dengan jarak tempuh sekitar 60 menit. “Jadi saya sangat berterima kasih kepada bapak Menteri Perhubungan, Dirjen Perhubungan Udara. Terlebih untuk Kepala Bandara Tumbang Samba yang telah memperjuangkan adanya penerbangan ini,” ucapnya.

Kemudian dia juga ingin, rute penerbangan tidak hanya ke Banjarmasin saja. Bupati ingin, nanti ada rute untuk Tumbang Samba ke Nanga Pinoh Kecamatan Melawi Kalimantan Barat. “Ini harapan kita,” tandasnya.(eri/ko).

Exit mobile version