Site icon KaltengPos

Masyarakat Terlibat dalam Pembangunan Daerah

DIALOG: Bupati Kotim Halikinnor saat berdialog dengan masyarakat Jalan Metro Tv, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, belum lama ini.

SAMPIT-Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengatakan, pembangunan daerah memerlukan kolaborasi dan kerja sama dari berbagai elemen termasuk masyarakat. Masyarakat yang merupakan individu yang hidup bersama-sama dalam suatu daerah memegang peran yang cukup penting dalam pembangunan daerah sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

“Kita perlu kerja sama masyarakat dalam membangun daerah. Karena masyarakat ini juga memegang peran yang cukup penting dalam pembangunan daerah,”kata Halikin, belum lama ini.

Dirinya menyebutkan, masyarakat bisa membantu dalam pembangunan daerah sesuai dengan profesi yang mereka jalani masing-masing secara bersungguh-sungguh. Kalau pekerjaan yang dilakukan dengan hati, maka akan menghasilkan sesuatu yang baik. Sehingga hal itulah yang menjadi modal awal pemerintah untuk kembali mengembangkan potensi dalam melakukan pembangunan.

“Masyarakat harus turut berperan dengan kemampuannya masing-masing. Misalnya guru tugasnya mengajar. Jika benar-benar tulus mengajar, maka akan bisa mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Ini juga modal kita untuk membangun daerah,”ucap Halikin.

Dia juga menjelaskan, masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan sesuatu diluar dari profesinya. Karena menurutnya, hal tersebut sudah diatur pemerintah melalui dinas terkait yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Kita sudah bagi tugasnya melalui dinas. Misalnya masalah jalan ada Dinas Pekerjaan Umum (PU). Mereka yang tahu cara memperbaiki jalan,” jelas Halikin.

Dilanjutkannya, kontribusi masyarakat sama dengan bergotong royong dalam membantu pemerintah. Selain itu, masyarakat juga dapat membantu pembangunan dengan taat membayar pajak. Karena dari pajak yang dibayarkan, akan dijadikan modal pemerintah untuk membangun infrastruktur bagi kenyamanan dan kehidupan masyarakat.

“Kerja sama ini sudah motto kita Habaring Hurung yaitu bergontong royong, Jadi seberat apapun pekerjaannya jika kita lakukan bersama-sama, maka akan terasa ringan,” pungkasnya. (sli/ans)

Exit mobile version