Site icon KaltengPos

Ribuan CPNS Kejaksaan Ikuti Latsar

Dr. Rudi Margono.

RIBUAN Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2023 pada Kejaksaan RI telah mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar), Latsar CPNS dilaksanakan serentak di seluruh satuan kerja Kejaksaan se Indonesia secara daring lewat platform Massive Open Online Course (MOOC) pada Senin tanggal 7 Oktober 2024.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejagung, Dr. Rudi Margono menyebut, MOOC merupakan aplikasi yang disediakan oleh LAN-RI (Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia)  untuk pelatihan mandiri secara daring dalam rangka persiapan Latihan Dasar atau Latsar CPNS yang akan dilaksanakan secara blended learning.

“Adapun pembukaan Latsar CPNS Kejaksaan RI menurut rencana akan di buka pada tanggal 16 Oktober 2024 dan akan berakhir hingga tanggal 2 Desember 2024,” kata Rudi.

Platform MOOC ini dikelola oleh LAN-RI dan dapat diakses oleh CPNS dengan login menggunakan NIP dan NIK. Proses pembelajaran dipantau langsung oleh penyelenggara pada Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan RI lewat aplikasi zoom.

Pantauan Tim badiklat.kejaksaan.go.id Pelaksanaan pembelajaran secara mandiri yang diikuti CPNS di Kejaksaan Negeri Jakarta Utara terpantau antusias semangat belajarnya. Memasuki hari ke empat dalam proses belajar  mandiri para peserta mendapat pendampingan dari Kepala Sub Bagian Pembinaan Kejari Jakarta Utara, Fajar Muttaqien.

Sementara Kajari Jakarta Utara, Dandeni Herdiana melalui Kasi Intel Rans mengungkapkan Pelaksanaan hari pertama LATSAR CPNS Kejaksaan Negeri Jakarta Utara tahun 2023 ini dibuka usai mengikuti apel bersama, adapun penerima apel pada (Senin tanggal 7 Oktober 2024-red) adalah Kepala Sub Bagian Pembinaan Kejari Jakarta Utara, Fajar Muttaqien.

“Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Pelatihan Dasar secara virtual oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI,” kata Kasi Intel Rans di temui di kantornya, Kamis (10/10/2024)

“Diadakannya Pelatihan Dasar untuk Calon Pegawai Negeri Sipil ini merupakan salah satu tahapan penting dalam pembinaan pegawai negeri sipil, dengan tujuan mampu meningkatkan kompetensi serta profesionalitas para CPNS di lingkungan satuan kerja pada kejaksaan,” kata Rans.

Kasubagbin Kejari Jakarta Utara Fajar Muttaqien menambahkan bahwa peserta Latsar CPNS Kejari Jakarta Utara sebanyak duapuluh lima orang yang terdiri dari CPNS Golongan III sebanyak 6 dan CPNS Golongan II sebanyak 19.

Latsar CPNS merupakan bagian penting dari proses pembentukan pegawai negeri yang profesional dan berintegritas. Selama pelatihan, para CPNS dibekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan, termasuk pemahaman tentang nilai-nilai dasar ASN, pelayanan publik, dan integritas.

Sebelumnya para Pejabat utama Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan RI menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Kejaksaan RI angkatan 2023 yang berlangsung di Kampus A Badiklat Kejaksaan RI,pada Kamis tanggal 26 September 2024.

Rapat di gelar berdasarkan Surat Plt. Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor: 5555/K.1/PDP.03.5 tanggal 11 September 2024, tentang Diskresi penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) di lingkungan Kejaksaan Republik Indonesia. (hms/ala)

Exit mobile version