Agrowisata Miliki Potensi Tingkatkan Perekonomian

4

PALANGKA RAYA-Kalteng pastinya mempunyai peluang besar dalam upaya peningkatan ekonomi daerah. Sebab, provinsi ini memiliki banyak sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan berbagai sektor, salah satunya sektor pariwisata melalui agrowisata.

Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Ina Prayawati mengatakan tiap daerah di wilayah Bumi Tambun Bungai memiliki potensi strategis untuk dijadikan lokasi pengembangan agrowisata. Peluang ini tentu harus dimaksimalkan oleh pemda sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal.

“Agrowisata memiliki potensi untuk peningkatan ekonomi, karena dengan adanya pengembangan agrowisata, bisa memberikan dampak positif baik dari sisi PAD maupun pertumbuhan perekonomian masyarakat yang ada di sekitarnya,” ucapnya, Senin (27/8).

Ia menyebut, peran pemda melalui instansi terkait penring agar pengembangan potensi agrowisata itu dapat dikemas dengan kreatif dan inovatif sehingga mampu memberikan daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah.

Baca Juga :  Komisi III DPRD Kalteng Kunjungi SMAN 2 Tewah

Maka dari itu diharapkan pemda dapat memberikan dukungan optimal dalam pengembangan agrowisata di Kalteng mulai dari pelayanan perizinan investasi, regulasi yang tidak berbelit, kelistrikan, serta ketersediaan air bersih, hingga promosi masif untuk mengenalkan agrowisata tersebut.

“Agrowisata bisa menjadi jawaban dalam pengelolaan kekayaan alam daerah ini. Dengan pengembangan yang kreatif dan inovatif, agrowisata ini bisa dijadikan wahana rekreasi, hiburan dan wisata menarik. Tentunya, perlu komitmen dan kolaborasi dari semua pihak, terutama pemerintah dan masyarakat,” harapnya. (Irj/ans)