Site icon KaltengPos

Pelonggaran Prokes Harus Dimanfaatkan untuk Pemulihan Ekonomi

RAPAT: Anggota DPRD Kabupaten Kotim Hj.Megawati saat mengikuti rapat paripurna belum lama ini. Foto: BAHRI/kaltengonline

SAMPIT-Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta untuk menargetkan pertumbuhan ekonomi di daerah ini agar dapat meningkat hingga akhir tahun 2022 ini. Target tersebut dipasang mengingat Covid-19 terus mengalami penurunan atau sudah melandai di Bumi Hambaring Hurung ini.

“Kami minta pemerintah daerah dapat menargetkan pemulihan ekonomi hingga akhir tahun depan ini, hal itu pula didukung dengan adanya kelonggaran pemakaian masker dari pemerintah pusat yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu,” kata Anggota DPRD Kabupaten Kotim Hj.Megawati, Senin (23/5).

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Kotim tentunya juga harus menyiapkan beberapa strategi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi yang merupakan hal paling penting dalam roda pemerintahan tersebut. Disisi lain sudah saatnya masyarakat daerah mulai bangkit dari keterpurukan ekonomi karena sejak dua tahun terakhir ini terjadi pandemi Covid-19.

“Hendaknya sejak saat ini pemerintah daerah harus menyiapkan sejumlah strategi agar apa yang menjadi target dapat tercapai secara perlahan. Dan salah satu upaya tersebut yaitu dengan mulai menata tempat-tempat wisata yang kunjungan wisatawan berpeluang besar,  menghidupkan kembali sektor Pertanian, perikanan, dan juga UMKM, termasuk even-even yang selama ini menjadi andalan daerah untuk menunjang pertumbuhan dan perputaran uang rakyat,” ucap Megawati.

Politisi Partai Amanat Nasional ini juga  berharap,melalui strategi tersebut pemerintah daerah akan bisa dengan cepat mendatangkan retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Disisi lain, melalui adanya relaksasi prokes, sejumlah investor juga diyakini akan mulai berani berinvestasi di Kabupaten Kotim ini.

“Melihat peluang atau potensi yang ada di daerah ini kami yakin, Kotim ini akan lebih cepat pulih dan kembali normal, hanya memang perlu adanya terobosan dan strategi dalam mempercepat perubahan situasi saat ini,yakni lakukan jemput bola terjadap pertumbuhan ekonomi di daerah ini” tutupnya.(bah)

Exit mobile version