Site icon KaltengPos

MIN 2 Kota Laksanakan Manasik Haji

MANASIK HAJI : Murid kelas 2 MIN 2 Kota Palangka Raya mengikuti kegiatan pembelajaran dengan materi manasik haji di halaman madarah, Rabu (22/6) pagi.

PALANKA RAYA  –  Mengenalkan dan mempraktikan ibadah haji secara langsung kepada peserta didik, MIN 2 Kota Palangka malaksanakan kegiatan manasik haji di halaman madrasah. Kegiatan yang diikuti oleh murid kelas satu dan dua ini dipandu oleh Ustaz HM Arni, Rabu (22/6).

Murid yang ikut kegiatan manasik ini semuanya mengenakan pakaian serba putih. Dipandu oleh Ustaz HM Arni, mereka melakukan praktik seperti layaknya orang beribadah haji. Dimulai dari Ihram, kemudian Wukuf di Arafah, Thawaf berupa berkeliling Kabah, Sa’i berjalan diantara Bukit Marwa dan Shafa, Tahalul yakni mencukur rambut. 

“Kami ingin mengenalkan bahwa Ibadah Haji ini termasuk rukun Islam kelima. Kemudian mereka mengetahui tata cara melalui praktik seperti ini. Kegiatan ini yang kedua kalinya,” ujar Kepala MIN 2 Kota Palangka Raya Abdullah T SAg saat ditemui, Rabu (22/6).

Menurut Abdullah, pengetahuan tentang Ibadah Haji ada dalam materi pelajaran fiqih kelas 6. Namun untuk mengawali ini, mereka lebih dulu dikenalkan dengan praktik ibadah haji. 

Sementara itu Wakil Kepala Kesiswaan MIN 2 Siti Zainab SPd menyampaikan kegiatan ini bagian dari pembelajaran kotekstual kepada peserta didik. Mereka tak hanya mendapatkan pengetahuan, tapi juga bisa langsung praktik.

“Kita ingin memberikan pengalaman kepada anak-anak secara langsung tentang tata cara ibadah haji, agar pemahaman anak-anak lebih lengkap,” ujar Siti Zainab.

Ditambahkan oleh Waka Humas MIN 2 Ernawati MPd, kegiatan manasik ini juga untuk mengisi kegiatan akhir pembelaran smester ini. Biasanya akhir pembelajaran diisi dengan classmeeting, tahun ini diisi kegiatan manasik haji.

Sementara itu Ustaz HM Arni mengatakan bahwa manasik haji ini untuk mengenalkan tata cara dan urutan ibadah haji. Dimulai ketiga tiba di Mekah, apa yang mereka lakukan, sampai akhir ibadah. “Kami kenalkan sesuai urutan-urutan ibadah,” ujarnya. (sma/ko)

Exit mobile version