Site icon KaltengPos

Masyarakat DAS Kahayan dan Barito Kompak Menangkan ASRI

MENYAPA RAKYAT: Cagub Kalteng Abdul Razak bersama Cabup Gumas Jaya S Monong-Eprensia LP Umbing menyapa masyarakat Kabupaten Gunung Mas, di sisi lain Cawagub Sri Suwanto menemui masyarakat di Barito Utara.

PALANGKA RAYA–Dukungan terus mengalir kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Abdul Razak dan Sri Suwanto, dalam Pilgub Kalteng 2024. Salah satu dukungan datang dari masyarakat transmigran yang tersebar di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, mencakup Barito Selatan (Barsel), Barito Timur (Bartim), Barito Utara (Batara), Murung Raya (Mura), dan Gunung Mas (Gumas).

“Dukungan ini merupakan bentuk kepercayaan terhadap kemampuan pasangan calon dalam memimpin, serta pengakuan atas rekam jejak mereka dalam memperjuangkan kesejahteraan dan kepentingan masyarakat kecil,” kata Abdul Razak, Calon Gubernur Kalteng.

Masyarakat transmigrasi ini dengan tegas menyatakan dukungan penuh untuk memenangkan Abdul Razak dan Sri Suwanto. Hal ini diungkapkan oleh Sarwono, salah satu warga Barito Utara. Ia menjelaskan bahwa Sri Suwanto dikenal luas sebagai tokoh birokrat dan Ketua Paguyuban Kulowargo Wong Jowo (PAKUWOJO).

“Pasangan ini dianggap mewakili kepentingan dan aspirasi masyarakat transmigran, khususnya masyarakat Jawa di Kalimantan Tengah,” ujar Sarwono, Sabtu (19/10).

Sarwono menambahkan, masyarakat transmigrasi yang sebagian besar berasal dari Pulau Jawa merasa memiliki keterikatan kultural dan emosional dengan Sri Suwanto. Menurutnya, kepemimpinan Sri Suwanto di PAKUWOJO telah banyak berkontribusi dalam menjaga harmoni sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa di Kalimantan Tengah.

“Tak hanya itu, Sri Suwanto juga memiliki rekam jejak yang kuat dalam birokrasi, dengan berbagai program pembangunan yang berpihak pada kesejahteraan masyarakat transmigrasi dan kawasan pedalaman,” tambah Sarwono.

Ia juga menekankan bahwa dukungan masyarakat transmigrasi kepada Sri Suwanto bukanlah tanpa alasan. “Pak Sri sudah lama dekat dengan masyarakat transmigrasi. Kami melihat beliau sebagai pemimpin yang jujur, berintegritas, dan selalu memperhatikan kebutuhan masyarakat kecil, termasuk kami yang tinggal di pedalaman,” ungkapnya.

Sarwono juga menyatakan bahwa masyarakat transmigrasi kompak mendukung Sri Suwanto karena yakin bahwa ia mampu membawa perubahan yang lebih baik. “Kehadirannya di pemerintahan selama ini sangat membantu kami melalui berbagai program kesejahteraan,” imbuhnya.

Masyarakat transmigrasi di kawasan DAS Barito berharap bahwa jika terpilih, Abdul Razak dan Sri Suwanto akan semakin memperhatikan kesejahteraan mereka yang tinggal di daerah tersebut. Mereka optimistis bahwa dukungan besar dari masyarakat transmigrasi akan memberikan dampak positif pada hasil Pilgub Kalteng 2024. (irj/ala)

Exit mobile version