LSR-LPMT Kalteng Beri Dukungan Kepada Penyelenggara Pemilu

Aksi Damai di KPU Kalteng, Mendukung Semua Proses Pemilihan Umum

37
DUKUNGAN : Agatis menyerahkan poin-poin pernyataan sikap kepada Ketua KPU Provinsi Kalteng Sastriadi di Kantor KPU Kalteng, Kamis (29/2). foto: IRPAN JURAYZ/KALTENG POS

PALANGKA RAYA – Penyelenggara pemilihan umum (pemilu) di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapat apresiasi dari Lembaga Swadaya Rakyat (LSR) Laskar Pembela Masyarakat Tertindas (LPMT) Kalteng. Hal itu disampaikan kelompok tersebut dalam aksi damai di depan Kantor KPU Provinsi Kalteng, Kamis (29/2).
Ketua Umum LSR LPMT Kalteng Agatisansyah menyebutkan, aksi di depan Kantor KPU Kalteng ini sebagai bentuk dukungan terhadap penyelenggara pemilu di daerah ini. Karena mereka menilai, tahapan pemilu telah usai.
“Dimana kita memberikan semangat terhadap penyelenggara pemilu, sehingga penghitungan suara tidak terganggu,” kata Agatisansyah dalam wawancara kepada awak media, kemarin.
Dia berharap agar masyarakat tidak lagi terprovokasi dengan hasil pemilu saat ini. Ia menginginkan pascapemilu masyarakat bisa saling menghargai dan beraktivitas kembali seperti biasa.
Selain itu, ia menginginkan agar situasi Kalteng tetap dalam keadaan kondusif. Ia mengecam kelompok-kelompok yang menyampaikan berita hoaks yang isinya memprovokasi dan dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat.
“Kita sama-sama menangkal berita hoaks yang dapat menyebabkan perpecahan karena bersifat provokasi. Karena kita ingin Kalteng tetap damai,” tegas Agatis.
Pada kesempatan itu, LSR LPMT juga menyatakan sikap berisikan enam poin. Diantaranya, LSR LPMT Kalteng mendukung proses dan hasil pemilu 2024 yang jurdil oleh para pejuang demokrasi.
“Kami mengutuk dan menolak semua tindakan dan aksi provokator yang mengganggu tahapan pemilu 2024 yang berjalan jujur dan adil. Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk percaya kepada pejuang demokrasi dan KPU serta menolak isu dan berita hoaks yang bisa membuat gaduh,” tegasnya.
Selanjutnya, kata Agatis, pihaknya minta kepada masyarakat yang berseteru karena pemilu 2024 untuk berjabat tangan, rukun kembali dan menjaga perdamaian di Bumi Tambun Bungai.
Dia juga menyampaikan terima kasih atas dedikasi, kerja keras para pejuang demokrasi. “Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi,” ucapnya.
Agatis juga mengecam siapa pun yang ingin mengagalkan hasil pemilu 2024 hingga mengganggu keamanan dan kedamaian di Kalteng. LSR LPMT Kalteng siap membantu aparat penegak hukum menindak dengan tegas,” ungkapnya. (irj/ens)

Baca Juga :  KPU Kalteng Sebut Pemilih Pemula Punya Peran Penting